Sabtu 21 Jan 2023 19:17 WIB

Imam Ghazali Ungkapan Perbuatan Dosa yang Dianggap Pahala

Imam Ghazali mengingatkan agar niat manusia tidak menyia-nyiakan kewajibannya.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Imam Ghazali Ungkapan Perbuatan Dosa yang Dianggap Pahala. Foto:   Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Imam Ghazali Ungkapan Perbuatan Dosa yang Dianggap Pahala. Foto: Amalan terhindari dari perbuatan maksiat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Banyak perbuatan sehari-hari ternyata bagian dari maksiat kepada Allah SWT. Menurut Imam Al-Ghazali perbuatan tersebut salah satunya berangan-angan terhadap sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan perbaikan amal.

"Angan-angan adalah semata-mata kemaksiatan padahal engkau mengira itu niat yang baik kebodohanmu dalam membedakan antara keduanya dan kedekatannya dalam beberapa sisi," tulis Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Minhajul Abidin.

Baca Juga

Imam Ghazali mengingatkan agar niat manusia tidak menyia-nyiakan kewajiban-kewajibannya sebagai seorang hambah yang harus patuh tehadap perintah dan larangan.

Imam Al-Ghazali mengingatkan kembali, jangan sampai kita sibuk dengan salat sunnah dan puasa sunnah, namun itu tidak ada ada apa-apanya di mata Allah. 

"Barangkali engkau berkas melakukan kemaksiatan dari jenis maksiat yang mengharuskan masuk neraka dan meninggalkan hal yang mubah seperti makan, minum atau tidur dengan niat mendekatkan diri kepada Allah, namun engkau tidak mendapatkan apa-apa," katanya.

Demikian juga melakukan tindakan menggerutu dan marah, dan mengira sebagai merendahkan diri dan memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Melakukan perbuatan riya namun mengira memuji Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan mengira itu hal itu sebagai perbuatan menyerukan kebaikan berdakwah kepada manusia. 

Juga kita mengira bahwa melampaui batas Allah dengan melakukan maksiat namun menganggapnya ketaatan. "Engkau berharap pahala besar padahal hakikat akan mendapatkan siksa-siksa," katanya.

Dalam hal seperti itu, menurut Imam Al-Ghazali berada dalam tipu daya besar dan kelalaian yang sangat buruk ini. 

"Ini demi Allah adalah musibah memalukan bagi orang-orang yang beramal tanpa mereka sadari dan ketahui sia-sia," katanya.

Selain itu semua, amal-amal lahir yang memiliki kaitan-kaitan dari usaha-usaha batiniah yang bisa memperbaikinya atau merusaknya seperti antara ikhlas dan riya, antara ujung dan menyebut nikmat dan hal-hal serupa lainnya. Siapapun yang tidak mengetahui upaya-upaya batiniah ini dan pengaruhnya dalam ibadah lahiriyah dan bagaimana berhati-hati darinya dan menjaga amal darinya, maka sangat sedikit orang yang amal lahiriyah lainnya selama. 

Sehingga ia akan kehilangan ketaatan lahirnya dan batinnya dan ia hanya menyisakan kesengsaraan dan kekeruhan.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement