Ahad 22 Jan 2023 14:21 WIB

Majunya Menpora Jadi Waketum PSSI Dapat Sorotan Cabang Olahraga Lain

Secara etika menpora seharusnya memayungi semua cabang olahraga.

Red: Endro Yuwanto
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) Zainudin Amali resmi maju sebagai calon wakil ketua umum (Waketum) PSSI periode 2023-2027. Langkah tersebut mendapatkan sorotan dari pimpinan cabang olahraga dayung yang berharap pria asal Gorontalo itu mengurungkan niatnya.

"Secara etika Menpora itu harus memayungi semua cabang olahraga. Istilahnya Menpora itu adalah bapaknya semua cabang olahraga. Jadi kalau seorang Menpora itu menjadi ketum atau wakil ketum dari sebuah cabang olahraga, secara etika kurang etis," kata Ketua Umum PB PODSI Budiman Setiawan dalam keterangan resminya kepada media di Jakarta, Ahad (22/1/2023).

Baca Juga

Menurut Budiman, selama ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di bawah pimpinan Zainudin Amali mengangkat prestasi olahraga Indonesia di multi-ajang internasional terus mengalami peningkatan dan kondisi tersebut diharapkan terus berlangsung. "Reputasi Menpora saat ini sangat baik di mata insan olahraga Indonesia," katanya menegaskan.

Pria yang mengawal timnas dayung meraih total 31 medali dengan total 14 emas, 14 perak, dan tiga perunggu pada SEA Games Vietnam itu juga meminta kepada Menpora Amali untuk mundur dari kontestasi di organisasi PSSI tersebut.

Bahkan, Budiman yang merupakan mantan atlet dayung Indonesia itu menilai jika sosok Zainudin Amali sudah sangat tepat sebagai Menpora, yang mana dirinya mampu membawa prestasi atlet Indonesia mengalami kenaikan grafik pada multiajang internasional.

"Kinerja positif Menpora Zainudin Amali telah mendapat apresiasi dari masyarakat. Kalau kita melihat statistik prestasi olahraga Indonesia di bawah komando Pak Zainudin Amali sebagai Menpora, pada multievent kita mengalami peningkatan, grafiknya naik. Contoh hasil dari SEA Games ke SEA Games trennya lebih baik," kata Budiman menerangkan.

Terlebih, Budiman juga menyebut jika Zainudin Amali merupakan sosok Menpora terbaik yang dimiliki Indonesia karena memiliki konsep dalam membangun olahraga Nasional dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Untuk itu, kami minta Pak Zainudin Amali yang hingga kini secara resmi masih tercatat sebagai Menpora mundur sebagai calon wakil ketua umum PSSI karena masih sangat dibutuhkan bagi cabang olahraga lainnya, terlebih dalam memantapkan DBON. Karena Menpora kan bapaknya semua cabang olahraga di Indonesia," pungkas Budiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement