Rabu 25 Jan 2023 13:38 WIB

PPKM Dicabut, Tahun Ini Sektor Wisata Digenjot Bisa Tumbuh Dua Kali Lipat

Tahun ini jumlah wisatawan diharapkan alami peningkatan seiring dicabutnya PPKM.

Red: Nora Azizah
Pengunjung menikmati senja di Puncak Sosok, Bantul, Yogyakarta.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pengunjung menikmati senja di Puncak Sosok, Bantul, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, pihaknya optimis dengan adanya peningkatan jumlah wisatawan pada tahun ini. Hal itu mengingat pemerintah sudah mencabut aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Dengan dicabutnya PPKM menjadi angin segar bagi wisatawan, secara psikologis akan berpengaruh pada wisatawan, dengan muncul anggapan kalau status COVID-19 di Indonesia sudah sangat terkendali," kata Sandiaga, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga

"Namun demikian, Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) mengingatkan agar masyarakat tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Kita akan terus menggaungkan program sertifikasi CHSE dan mendorong lesson learned dari pandemi COVID-19," tambahnya.

Oleh sebab itu, Kemenparekraf pun optimis dan akan menggenjot sektor wisata agar dapat tumbuh dua kali lipat di tahun ini. Sandiaga berharap, dicabutnya PPKM akan memantik kunjungan turis asing maupun wisatawan domestik.