Twitter Hadapi Penurunan Iklan Lebih dari 70 Persen

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Fernan Rahadi

Logo baru Twitter
Logo baru Twitter | Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Data terbaru dari Standard Media Index (SMI) mengungkapkan belanja iklan di Twitter anjlok hingga 71 persen pada bulan Desember. Kondisi tersebut terjadi karena sejumlah besar pengiklan memangkas pengeluaran mereka di Twitter setelah pengambilalihan Elon Musk.

Data dari SMI datang ketika Twitter sedang berusaha keras membawa kembali pengiklan ke platformnya. Beberapa inisiatif telah dilakukan, seperti menawarkan iklan gratis, mencabut larangan iklan politik, dan memungkinkan perusahaan mengontrol lebih besar atas iklan mereka.

Menurut data SMI, belanja iklan di Twitter pada bulan November turun 55 persen dari tahun lalu. Padahal masa ini biasanya menjadi periode belanja iklan lebih tinggi karena pengiklan akan mempromosikan produk mereka selama liburan.

Dikutip Reuters, Rabu (25/1/2023), firma riset Pathmatics menemukan, pada November, sebagian besar perusahaan telah menghentikan pengeluaran mereka di Twitter. Pada saat yang sama, Musk memulihkan akun yang ditangguhkan dan merilis verifikasi akun berbayar yang mengakibatkan scammer menyamar sebagai perusahaan.

Pathmatics juga mengungkapkan, 14 dari 30 pengiklan teratas di Twitter menghentikan semua iklan di platform setelah Musk mengambil alih pada 27 Oktober. Pendapatan kuartal keempat Twitter turun sekitar 35 persen dari tahun ke tahun karena penurunan dalam periklanan.

Terkait


Dampak Positif dan Negatif ChatGPT, Pertimbangkan Ini Sebelum Menggunakannya

Elon Musk Rasakan Efek Berat Usai Booster Covid-19 Ke-2: Seperti sedang Sekarat

Twitter akan Sediakan Paket Langganan Bebas Iklan, Harganya Lebih Mahal

Orang yang Sering Main Medsos Justru Merasa Kesepian, Begini Penjelasannya

Video Lomba Lari Balok Indonesia Dilihat Ratusan Ribu Orang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark