Rabu 25 Jan 2023 19:35 WIB

Pengiriman Tank Leopard ke Ukraina Ancam Hubungan Rusia dan Jerman

Jerman menghadapi tekanan untuk memasok tank Leopard ke Ukraina

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi tank Leopard Jerman.
Foto: AP Photo/Michael Sohn, File
Ilustrasi tank Leopard Jerman.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pengiriman tank Leopard 2 buatan Jerman ke Ukraina bisa menodai hubungan Rusia-Jerman, menurut juru bicara pemerintah RusiaDmitry Peskov, Selasa.

Ketika ditanya apakah hubungan Rusia-Jerman akan berubah jika Berlin menyetujui pengiriman tank Leopard ke Kiev, Peskov mengatakan bahwa langkah tersebut bukan pertanda baik bagi masa depanhubungan kedua negara.

"(Langkah) itu akan meninggalkan bekas yang sulit dihapuskan bagi masa depan hubungan ini," ujar dia dalam jumpa pers di Moskow.

Dia menambahkan bahwa hubungan Rusia-Jerman sudah berada pada ?titik rendah? dan tidak ada dialog penting yang harus dibahas dengan negara-negara lain di Uni Eropa dan NATO.

Jerman terus menghadapi tekanan untuk memasok tank Leopard ke Ukraina, tetapi hingga saat ini belum ada komitmen yang jelas dari Berlin.

Negara itu gagal mengambil keputusan selama KTT pertahanan internasional di pangkalan militer AS diRamstein, Jerman, pekan lalu.

Namun, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock pada Minggu mengatakan bahwa negaranya tidak akan menghalangi Polandia untuk mengirim tank Leopard ke Ukraina.

Polandia dan Finlandia telah menyatakan kesiapan mereka untuk mengirimkan tank Leopard 2 buatan Jerman.

Tank Leopard 2 diproduksi di Jerman dan penyerahan ke pihak ketiga harus disetujui oleh Berlin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement