Rabu 25 Jan 2023 22:08 WIB

Kanker Serviks Bisa Membuat Wanita Sulit Hamil, Ini Gejalanya

Beberapa metode pengobatan kanker serviks dapat mengurangi peluang untuk hamil.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kanker serviks bisa membuat wanita sulit hamil. (ilustrasi)
Foto: www.flickr.com
Kanker serviks bisa membuat wanita sulit hamil. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker serviks menjadi salah satu kanker paling umum yang menyerang wanita. Kondisi ini juga berdampak pada kesuburan wanita dan bisa membuat sulit untuk hamil secara alami.

Dalam wawancara dengan HT Lifestyle, penasihat dan konsultan di Birla Fertility and IVF, dr Vinita Das, mengatakan gejala umumnya di antaranya keputihan, pendarahan setelah hubungan seksual, dan nyeri panggul. Kanker serviks dimulai dari leher rahim seorang wanita yang merupakan ujung bawah rahim yang sempit. Strain tertentu dari human papillomavirus (HPV) dan infeksi menular seksual adalah alasan di balik terjadinya penyakit ini.

Baca Juga

Kanker serviks membutuhkan pengobatan ekstensif pada stadium lanjut yang dapat berdampak negatif pada kesuburan. Beberapa metode pengobatan kanker serviks dapat mengurangi peluang untuk hamil.

Jika penyakit ini tidak terdiagnosis sejak dini, kemungkinan besar histerektomi radial akan dilakukan, yang mengarah ke pengangkatan rahim atau rahim. Dalam hal ini, pasien tidak akan dapat mengandung anak di kemudian hari. Hal ini juga berlaku jika indung telur diangkat, karena pasien tidak akan dapat menghasilkan sel telur apapun.