Jumat 27 Jan 2023 08:01 WIB

Olahraga Terbaik untuk Usia 60 Tahun ke Atas

Menjadi lebih tua bukan berarti harus berhenti berolahraga.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Olahraga terbaik untuk usia 60 tahun ke atas. (ilustrasi)
Foto: Pixnio
Olahraga terbaik untuk usia 60 tahun ke atas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.DI, JAKARTA -- Kehilangan energi merupakan salah satu efek samping alami dari penuaan. Seiring bertambahnya usia, otot Anda tidak sefleksibel dulu. Namun menjadi lebih tua bukan berarti Anda harus berhenti berolahraga.

Seorang pelatih di Burn Boot Camp, Matt Morris, menguraikan beberapa manfaat utama berolahraga satu jam sepekan untuk individu berusia di atas 60 tahun. Bagi kelompok usia tersebut, olahraga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan; peningkatan keseimbangan yang dapat mengurangi risiko Anda terjatuh; mendatangkan energi kecil yang menyenangkan setiap hari; peningkatan fungsi kognitif; dan pencegahan pengeroposan tulang.

Baca Juga

Dilansir laman Eat This, Not That, Kamis (26/1/2023), sains mendukung hal tersebut. Menurut penelitian yang dilakukan oleh tim penelitian internasional dari Australia, Norwegia, dan Inggris Raya (UK), melakukan aktivitas fisik hanya 60 menit setiap pekan dapat membantu menghindari depresi.

“Dengan asumsi hubungan itu kausal, 12 persen dari kasus depresi pada masa depan dapat dicegah jika semua peserta melakukan setidaknya satu jam aktivitas fisik setiap pekan,” tulis para peneliti.

Selanjutnya, menurut Mayo Clinic, Anda akan membakar sejumlah kalori yang mengesankan saat berolahraga selama satu jam. Misalnya, aerobik berintensitas rendah dapat membakar sekitar 365 kalori untuk individu seberat 72 kg, aerobik air dapat membakar sekitar 402 kalori, berenang dapat membakar sekitar 423 kalori, dan berjalan dapat membakar sekitar 314 kalori.

Apa olahraga terbaik untuk orang berusia 60 tahun ke atas? Latihan kekuatan adalah rajanya, terutama seiring bertambahnya usia. Ini karena bertambahnya usia disertai dengan hilangnya massa otot tanpa lemak, dan latihan kekuatan dapat membantu Anda mempertahankan dan membangunnya kembali.

“Latihan kekuatan adalah jenis latihan rutin yang paling penting untuk peningkatan kualitas hidup seiring bertambahnya usia seseorang,” kata Morris.

Selain sesi latihan kekuatan, Morris menjelaskan olahraga pilates dan yoga bermanfaat bagi semua persendian. Jangan lewatkan berenang dan bersepeda. “(Ini adalah) jenis rutinitas olahraga yang akan memberikan manfaat aerobik, seperti memperkuat kesehatan kardiovaskular dan kapasitas paru-paru,” ujarnya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS), orang yang lebih tua dapat memperoleh manfaat dari olahraga teratur. Olahraga yang dilakukan tidak perlu terlalu berat. Bahkan jika seorang berusia 60 tahun telah menjalani gaya hidup yang lebih tidak aktif, mereka bisa memulai dengan interval cepat dari latihan yang cukup intens (lima hingga 10 menit), dan perlahan-lahan tingkatkan seiring berjalannya waktu. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement