Puluhan Mahasiswa Vokasi UMM Terima Beasiswa BRI

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UMM.
Kampus UMM. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Sebanyak 35 mahasiswa vokasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerima beasiswa biaya studi dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Malang. Hal tersebut merupakan upaya UMM dan BRI untuk membantu mengembangkan talenta dan menekan risiko gagal studi.

Pimpinan BRI Malang, Mohammad Suratin mengatakan, bantuan CSR ini merupakan salah satu program BRI Peduli untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan. Salah satunya dengan memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu dari segi ekonomi.

Apalagi melihat talenta mahasiswa UMM yang luar biasa. "Maka, dengan sedikit bantuan ini semoga bisa membantu kelancaran studi mahasiswa UMM. Selain itu, bantuan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha bagi mahasiswa  agar mereka bisa mandiri secara ekonomi agar tidak terus bergantung pada bantuan yang ada," kata Surati.

Ia berharap pemberian beasiswa ini bisa menjadi pintu gerbang kerja sama BRI dengan Kampus Putih UMM. Ada berbagai bidang yang ia lihat memiliki peluang untuk bisa dikolaborasikan untuk menyebarkan manfaat lebih kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Direktorat Pendidikan dan Pelatihan Vokasi UMM, Tulus Winarsunu menyampaikan, bantuan beasiswa BRI ini sejalan dengan program Sunset yang digagas oleh pihaknya. Program ini bertujuan untuk mengatasi risiko gagal studi yang seringkali menjadi penghalang mahasiswa.

Terhitung sejak dua tahun lalu, program ini telah  membantu biaya studi hingga biaya hidup mahasiswa. Bahkan, juga membantu biaya pelatihan mahasiswa yang berangkat ke Jepang. "Mudah-mudahan bantuan dari BRI kali ini bisa menambah semangat para mahasiswa untuk menjalani studi dengan baik," ungkap Tulus.

Hal tidak jauh berbeda disampaikan Rektor UMM Fauzan. Ia berharap ada peluang bagi UMM dan BRI untuk memperluas kerja sama. Terkait beasiswa, ia mendorong mahasiswa yang menerimanya untuk bisa digunakan dengan tepat dan bermanfaat.

"Apalagi jika digunakan untuk membangun usaha yang mampu menghidupi dirinya dan membayar uang kuliah. Sehingga tidak bergantung pada bantuan-bantuan lain," katanya.

 

Beasiswa ini disambut baik oleh Yulia Ayu Firnanda. Mahasiswa D3 keperawatan UMM itu merasa beruntung bisa mendapatkan bantuan CSR dari BRI. Hal ini karena memang ia sedang mencari beasiswa untuk keperluan studinya.

Selain untuk membiayai kuliah, dia juga berencana mengembangkan usaha agar bisa lebih mandiri. Ada banyak ide dan teman yang bisa diajak untuk merintis bisnisnya ke depan.

Terkait


Cerita Mahasiswa UMM yang Jadi Terapis Autis

Mahasiswa UMM Diminta Jaga Lingkungan Melalui Eco Jihad

Mahasiswa UMM Ikut Berkontribusi di Ajang V20

Mahasiswa UMM Patahkan Anggapan Beatbox Hanya untuk Pria

Mahasiswa UMM Juara Dua Lomba Debat Tingkat Nasional

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark