Senin 30 Jan 2023 10:16 WIB

Ini Alasan Mourinho Jagokan Napoli untuk Bisa Raih Scudetto Musim Ini

Napoli punya para pemain yang bisa jadi pembeda dan solusi saat situasi sulit.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho.
Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, kembali menegaskan penilaiannya terkait tim yang layak meraih gelar scudetto Serie A Liga Italia pada musim ini. Pelatih asal Portugal itu kembali menyebut, Napoli sebagai kandidat terkuat untuk bisa menjadi tim terbaik di pentas Serie A musim ini.

Sebelumnya, Mourinho sempat menyebut, scudetto musim ini sudah menjadi milik I Partenopei. Penilaian ini tidak terlepas dari performa apik tim besutan Luciano Spalletti tersebut pada sepanjang musim ini. Dari 20 kesempatan tampil di pentas Liga Italia, Napoli hanya menelan satu kekalahan dan dua hasil imbang.

Baca Juga

Torehan ini akhirnya membawa I Partenopei mengumpulkan 53 poin, unggul 13 poin dari peringkat kedua klasemen sementara, yang ditempati Inter Milan. Penilaian soal peluang Napoli untuk bisa meraih titel scudetto itu pun kembali ditegaskan Mourinho pasca-memimpin Roma menghadapi Napoli pada giornata ke-20, Senin (30/1/2023) dini hari WIB.

Mantan pelatih Chelsea itu kemudian membeberkan sejumlah alasan terkait penilaiannya tersebut. Berdasarkan pengalamannya, Mourinho, yang telah mengoleksi delapan gelar liga domestik, menyebut Napoli memiliki pemain-pemain yang bisa menjadi pembeda dan solusi saat menghadapi situasi sulit.

''Saya ulangi apa yang saya katakan, bahkan dengan lebih tegas. Tim itu memiliki pemain bintang dan yang bisa bersinar pada momen-momen krusial. Saya tahu hal itu. Saya telah meraih delapan titel liga domestik. Saat Anda menghadapi situasi sulit, pemain bintang itu akan bersinar. Musim ini, pemain itu ada di di tim Napoli,'' kata Mourinho seperti dilansir Football Italia, Senin (30/1/2023).

Dalam lawatan ke markas Napoli, Stadion Diego Armando Maradona tersebut, Roma terpaksa pulang dengan tangan hampa usai menelan kekalahan, 1-2, dari tim tuan rumah. Sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Victor Osimhen pada menit ke-17, I Giallorossi mampu menyamakan kedudukan via gol Stephan El Sharawy pada menit ke-75.

Namun, mimpi Roma untuk bisa membawa pulang, setidaknya satu poin, gagal terwujud. Adalah Giovanni Simeone, yang mampu mencetak gol kemenangan Napoli di laga ini, tepatnya pada menit ke-86. Kendati begitu, Mourinho menilai, I Giallorossi sebenarnya lebih layak meraih kemenangan di laga ini dibandingkan tim tuan rumah.

''Kami mungkin sedikit goyah selama 10 hingga 15 menit pasca-gol Osimhen. Terlepas dari itu, kami bisa mengendalikan permainan, terus menekan, dan bertahan dengan baik. Saya meninggalkan laga ini dengan kepercayaan diri lebih tinggi. Terkadang, sepak bola sangat tidak adil. Tim yang layak menang malah menelan kekalahan. Di laga ini, kami lebih layak meraih kemenangan,'' kata eks pelatih Real Madrid dan Chelsea tersebut.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement