Senin 30 Jan 2023 13:00 WIB

Erdogan Isyaratkan Siap Terima Finlandia Gabung NATO

Turki dan Hongaria adalah dua negara anggota NATO yang masih menolak aksesi Swedia

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan untuk pertama kalinya bahwa Turki bisa saja mengubah sikapnya atas Finlandia terkait keinginan negara tersebut menjadi anggota NATO
Foto: Turkish Presidency via AP
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan untuk pertama kalinya bahwa Turki bisa saja mengubah sikapnya atas Finlandia terkait keinginan negara tersebut menjadi anggota NATO

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan untuk pertama kalinya bahwa Turki bisa saja mengubah sikapnya atas Finlandia terkait keinginan negara tersebut menjadi anggota Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Erdogan tampaknya hendak mengirim pesan khusus kepada Swedia yang juga sedang berupaya memperoleh keanggotaan NATO.

“Bila perlu, kami bisa memberikan tanggapan yang berbeda mengenai Finlandia. Swedia akan terkejut ketika kita memberikan tanggapan yang berbeda,” kata Erdogan dalam pertemuannya dengan para pendukungnya dari kalangan pemuda, Ahad (20/1/2023).

Baca Juga

Turki dan Hongaria adalah dua negara anggota NATO yang masih menolak aksesi Swedia serta Finlandia ke organisasi pertahanan multilateral tersebut. Parlemen Hongaria diperkirakan akan menyetujui permohonan akses Helsinki dan Stockholm pada Februari mendatang. Sementara itu, Turki tampaknya masih akan mempertahankan penolakannya, khususnya terhadap Swedia.

Dalam pertemuan dengan para pendukung mudanya, Erdogan kembali menyerukan Swedia agar mengekstradisi orang-orang yang tengah diburu Turki dari negaranya. Menurut Erdogan, orang-orang tersebut adalah para aktor yang terlibat upaya kudeta terhadap pemerintahannya pada 2016 dan tersangka teror dari kelompok milisi Kurdi.

“Jika Anda (Swedia) benar-benar ingin bergabung dengan NATO, Anda akan mengembalikan para teroris ini kepada kami. Anda akan mengirimkan para teroris ini kepada kami sehingga dapat bergabung dengan NATO,” kata Erdogan.

Penolakan Turki terhadap aksesi Swedia ke NATO telah diwarnai aksi pembakaran Alquran oleh politisi sayap kanan berkebangsaan Swedia-Denmark, Rasmus Paludan. Pada Jumat (27/1/2023) lalu, Paludan untuk kedua kalinya dalam sepekan, membakar Alquran di depan sebuah masjid serta Kedutaan Besar Turki di Kopenhagen, Denmark. Aksinya mendapat pengawalan kepolisian Denmark. Sebelumnya, pada 21 Januari lalu, dia telah melakukan aksi serupa di dekat Kedutaan Besar Turki di Stockholm, Swedia.

Paludan telah berjanji akan terus membakar Alquran hingga Swedia dan Finlandia memperoleh keanggotaan NATO. “Begitu dia (Recep Tayyip Erdogan) membiarkan Swedia bergabung dengan NATO, saya berjanji tidak akan membakar Alquran di luar kedutaan besar Turki. Jika tidak, saya akan melakukannya setiap Jumat pukul 2 siang,” ujar Paludan setelah melakukan pembakaran Alquran di Kopenhagen.

Aksi pembakaran Alquran oleh Paludan telah memicu protes dan kecaman dari negara-negara Muslim, termasuk Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement