Senin 30 Jan 2023 16:09 WIB

Ada Harta Karun Migas di Warim Papua

Potensi minyak yang berada di perut Warim mencapai 25,9 juta barel.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri ESDM Arifin Tasrif bersiap mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi VII  di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022). Raker tersebut beragendakan pengantar musyawarah mengenai Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EB-ET). Republika/Prayogi
Foto: Republika/Prayogi
Menteri ESDM Arifin Tasrif bersiap mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi VII di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022). Raker tersebut beragendakan pengantar musyawarah mengenai Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EB-ET). Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) akan segera mengeksekusi Blok Warim, Papua yang digadang memiliki cadangan minyak dan gas terbesar. Menteri ESDM Arifin Tasrif bahkan mengatakan cadangan gas yang dimiliki Blok Warim dua kali lipat dari cadangan Blok Masela dan Blok Natuna.

Arifin menjelaskan potensi minyak yang berada di perut Warim mencapai 25,9 juta barel minyak dan gas bumi mencapai 47,37 triliun kaki kubik. "Ini merupakan salah satu potensi cadangan yang besar dan mampu memperkuat pasokan migas di wilayah timur Indonesia," ujar Arifin di Kementerian ESDM, Senin (30/1/2023).

Baca Juga

Namun, kata Arifin untuk bisa mengembangkan Blok Warim, Kementerian ESDM harus lebih dulu melakukan kordinasi dengan Kementerian LHK sebab, potensi cadangan ditemukan bertumpukan dengan Taman Nasional Lorentz.

"Untuk itu, saat ini Kemeterian ESDM telah memulai kordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait tumpang tindih lahan tersebut," ujar Arifin.

Arifin menjelaskan pemerintah akan serius menggarap blok ini karena dengan mengoptimalkan 20 persen dari potensi cadangan yang ada maka bisa memberikan dampak positif bagi neraca ekspor impor migas dalam negeri. Terlebih lagi, kata Arifin ada fasilitas LNG di wilayah Papua Nugini yang bisa dimanfaatkan dalam rencana pengembangan.

"Kami akan mulai melakukan penawaran eksplorasi dan melakukan kajian mendalam terkait blok ini," ujar Arifin.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّآ اَنْزَلْنَا التَّوْرٰىةَ فِيْهَا هُدًى وَّنُوْرٌۚ يَحْكُمُ بِهَا النَّبِيُّوْنَ الَّذِيْنَ اَسْلَمُوْا لِلَّذِيْنَ هَادُوْا وَالرَّبَّانِيُّوْنَ وَالْاَحْبَارُ بِمَا اسْتُحْفِظُوْا مِنْ كِتٰبِ اللّٰهِ وَكَانُوْا عَلَيْهِ شُهَدَاۤءَۚ فَلَا تَخْشَوُا النَّاسَ وَاخْشَوْنِ وَلَا تَشْتَرُوْا بِاٰيٰتِيْ ثَمَنًا قَلِيْلًا ۗوَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْكٰفِرُوْنَ
Sungguh, Kami yang menurunkan Kitab Taurat; di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya. Yang dengan Kitab itu para nabi yang berserah diri kepada Allah memberi putusan atas perkara orang Yahudi, demikian juga para ulama dan pendeta-pendeta mereka, sebab mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu jual ayat-ayat-Ku dengan harga murah. Barangsiapa tidak memutuskan dengan apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang kafir.

(QS. Al-Ma'idah ayat 44)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement