Senin 30 Jan 2023 16:36 WIB

Kota Terpadat Selandia Baru Bersiap Diguyur Hujan Lebat Kembali

Badai hujan merenggut empat nyawa di Auckland empat hari lalu.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Hujan deras/ilustrasi. Curah hujan besar diperkirakan akan mengguyur kota terpadat di Selandia Baru pada Selasa (31/1/2023).
Foto: Flickr
Hujan deras/ilustrasi. Curah hujan besar diperkirakan akan mengguyur kota terpadat di Selandia Baru pada Selasa (31/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Curah hujan besar diperkirakan akan mengguyur kota terpadat di Selandia Baru pada Selasa (31/1/2023). Hujan ini akan mengancam Auckland yang mengalami hari terbasah dalam rekor badai yang merenggut empat nyawa empat hari lalu.

Keadaan darurat diumumkan pada 27 Januari ketika volume hujan yang biasanya turun di seluruh musim panas Southern Hemisphere terjadi dalam satu hari. Sedikitnya 5.000 rumah dan bisnis sedang ditaksir mengalami kerusakan akibat banjir dan tanah longsor. Beberapa jalan tetap ditutup setelah hujan turun lebih dari 15 sentimeter dalam tiga jam.

Baca Juga

Keadaan darurat untuk Auckland dan distrik sekitarnya dicabut pada Senin (30/1/2023) pagi. Namun Walikota Auckland Wayne Brown memperingatkan bahwa kondisi berbahaya diperkirakan akan kembali pada Selasa.

"Fokus tim saya saat ini dan kekhawatiran besar kami adalah bahwa beberapa warga Auckland mungkin berpikir yang lebih buruk sudah berlalu, tetapi tidak demikian," kata Brown.

Brown mengatakan, curah hujan hingga 12 sentimeter diperkirakan terjadi di beberapa daerah yang sudah tergenang air. “Itu tidak seperti Jumat malam, tapi tanahnya sangat jenuh dan saluran airnya sangat penuh sehingga bisa lebih berbahaya daripada Jumat,” ujar Brown.

Menurut Brown, jumlah warga Auckland dan sekitarnya yang meminta bantuan akibat kerusakan akibat badai akan terus meningkat. “Butuh beberapa waktu bagi semua orang untuk menghargai betapa besar dan meluasnya peristiwa ini dan belum selesai,” katanya.

"Kejatuhan itu sejauh ini yang terbesar dalam sejarah kami. Itu jauh melampaui apa yang dibayangkan atau direncanakan oleh orang-orang kami," ujar Brown.

Peringatan hujan lebat mencakup Auckland dan lebih jauh ke utara di North Island. “Hujan ini diperkirakan akan menyebabkan kondisi sungai yang berbahaya dan banjir yang signifikan. Jalanan licin dan banjir cenderung mengganggu perjalanan, membuat beberapa jalan tidak dapat dilalui dan mungkin mengisolasi masyarakat,” kata pernyataan MetService.

Sekolah Auckland akan tetap ditutup hingga pekan depan. Bandara Auckland telah melanjutkan operasi yang ditutup sementara oleh badai pada 27 Januari. Namun, pihak bandara memperingatkan dalam sebuah pernyataan, bahwa jadwal penerbangan mungkin terganggu selama beberapa hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement