Senin 30 Jan 2023 20:00 WIB

Presiden Mesir Bertemu Menlu AS

Pembicaraan Blinken dengan pejabat bertujuan memajukan kemitraan strategis AS-Mesir

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken di Kairo pada Senin (30/1/2023).
Foto: Mohamed Abd El Ghany, Pool via AP
Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken di Kairo pada Senin (30/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken di Kairo pada Senin (30/1/2023). Seorang juru bicara kepresidenan Mesir melaporkan pertemuan tersebut, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang isi diskusi yang dilakukan keduanya.

Blinken juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry setelah pembicaraannya dengan al-Sisi. Menurut kantor berita pemerintah Mesir MENA, diskusi antara kedua kepala diplomat itu akan fokus pada kerja sama bilateral dan isu-isu regional.

Menurut Departemen Luar Negeri AS dikutip Anadolu Agency, pembicaraan Blinken dengan pejabat Mesir bertujuan untuk memajukan kemitraan strategis AS-Mesir dan mempromosikan perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut. Salah satu yang mendapatkan sorotan adalah dukungan bersama untuk pemilu di Libya dan proses politik yang dipimpin Sudan yang sedang berlangsung.

Blinken tiba di Mesir pada Ahad (29/1/2023). Perjalanan itu dalam kegiatan tur regional yang juga akan membawanya ke Israel dan Tepi Barat yang saat ini sedang dalam kondisi memanas.

Sebanyak tujuh orang Israel meninggal  dalam serangan penembakan di dekat sebuah sinagog di pemukiman Israel di Yerusalem Timur pada pekan lalu. Peristiwa ini sehari setelah sembilan orang Palestina meninggal dan puluhan lainnya terluka dalam operasi militer Israel di kamp pengungsian kota Jenin, Tepi Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement