Selasa 31 Jan 2023 12:59 WIB

Anak Usaha Telkom Pimpin Pendanaan untuk Startup Pertanian

Telkomsel Mitra Inovasi memimpin pendanaan untuk usaha rintisan EdenFarm.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ahmad Fikri Noor
Kolaborasi Telkomsel dengan Jejakin (ilustrasi). Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) memimpin pendananaan Pra-Series B untuk usaha rintisan atau startup agrikultur, EdenFarm senilai 13,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,1 triliun.
Foto: Dok Telkomsel
Kolaborasi Telkomsel dengan Jejakin (ilustrasi). Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) memimpin pendananaan Pra-Series B untuk usaha rintisan atau startup agrikultur, EdenFarm senilai 13,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,1 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) memimpin pendananaan Pra-Series B untuk usaha rintisan atau startup agrikultur, EdenFarm senilai 13,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,1 triliun. Pendanaan ini didukung oleh Appworks dan AC Ventures, serta perusahaan modal ventura lainnya.

CEO Telkomsel Mitra Inovasi Mia Melinda mengatakan, TMI percaya pentingnya penggunaan teknologi untuk mendukung pemberdayaan wirausaha maupun UKM yang dapat berdampak positif bagi perekonomian Indonesia. Jaringan B2B food supply chain EdenFarm yang kuat dari hulu ke hilir telah berhasil mendorong pemberdayaan petani lokal untuk memperoleh pendapatan yang lebih baik sekaligus memberikan dampak positif di perdesaan. 

Baca Juga

"Oleh karena itu, kami sangat bersemangat untuk mendukung ekosistem pangan EdenFarm melalui pendanaan dan kolaborasi jangka panjang," kata Mia melalui siaran pers yang diterima pada Selasa (31/1/2023).

EdenFarm merupakan usaha rintisan agrikultur yang berfokus membangun ekosistem distribusi pangan (food supply chain ecosystem) nasional untuk lebih menguntungkan bagi para petani dan seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian secara berkelanjutan. 

EdenFarm telah memperoleh pendanaan 34,5 juta dolar AS di sepanjang putaran pendanaannya sejak didirikan pada 2017. Investasi yang telah didapat tersebut akan menjadi modal bagi EdenFarm untuk memperkuat penetrasi dalam menjaring lebih banyak mitra petani di seluruh Indonesia.

Founder dan CEO EdenFarm David Setyadi Gunawan turut menyampaikan, pendanaan terbaru ini akan memperkuat posisi EdenFarm sebagai pemain teknologi terbesar di sektor pertanian dan jasa pangan. "Kami yakin kemitraan dengan Telkomsel ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi platform kami," kata David.

EdenFarm telah mengalami pertumbuhan hampir 60 kali lipat dalam 40 bulan terakhir. EdenFarm optimistis dapat meningkatkan laba dalam 12 bulan ke depan seiring dengan pertumbuhan 3,5-4 kali secara tahunan. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَوْ اَنَّ قُرْاٰنًا سُيِّرَتْ بِهِ الْجِبَالُ اَوْ قُطِّعَتْ بِهِ الْاَرْضُ اَوْ كُلِّمَ بِهِ الْمَوْتٰىۗ بَلْ لِّلّٰهِ الْاَمْرُ جَمِيْعًاۗ اَفَلَمْ يَا۟يْـَٔسِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْ لَّوْ يَشَاۤءُ اللّٰهُ لَهَدَى النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَلَا يَزَالُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا تُصِيْبُهُمْ بِمَا صَنَعُوْا قَارِعَةٌ اَوْ تَحُلُّ قَرِيْبًا مِّنْ دَارِهِمْ حَتّٰى يَأْتِيَ وَعْدُ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ ࣖ
Dan sekiranya ada suatu bacaan (Kitab Suci) yang dengan itu gunung-gunung dapat digoncangkan, atau bumi jadi terbelah, atau orang yang sudah mati dapat berbicara, (itulah Al-Qur'an). Sebenarnya segala urusan itu milik Allah. Maka tidakkah orang-orang yang beriman mengetahui bahwa sekiranya Allah menghendaki (semua manusia beriman), tentu Allah memberi petunjuk kepada manusia semuanya. Dan orang-orang kafir senantiasa ditimpa bencana disebabkan perbuatan mereka sendiri atau bencana itu terjadi dekat tempat kediaman mereka, sampai datang janji Allah (penaklukkan Mekah). Sungguh, Allah tidak menyalahi janji.

(QS. Ar-Ra'd ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement