Selasa 31 Jan 2023 16:39 WIB

Menkopolhukam: Presiden Pastikan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal

Mahfud mengaku Jokowi sudah menggelar pertemuan dengan sejumlah menteri soal pemilu.

Red: Agus raharjo
Menko Polhukam Mahfud MD.
Foto: Prayogi/Republika
Menko Polhukam Mahfud MD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan Presiden Joko Widodo memastikan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 berjalan sesuai jadwal.

"Presiden memastikan Pemilu 2024 berjalan dan dia sudah memanggil KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), dan sebagainya. Kalau dari sudut Pemerintah, Presiden firm ada Pemilu 2024," kata Mahfud usai audiensi bersama MPR for Papua di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga

Mahfud melanjutkan Jokowi secara terbatas telah menggelar rapat bersama dirinya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Dia menambahkan Jokowi memerintahkan jajarannya agar menyiapkan Pemilu 2024 dengan sebaik-baiknya.

"Kenapa saya? Saya Menko (Polhukam). Kalau Pak Mendagri untuk mengorganisasi politiknya, Bu Sri Mulyani disuruh menyediakan uangnya, BIN mengendus keamanannya, masalah-masalah, dan sebagainya," jelasnya.

Dengan demikian, Mahfud menjamin Pemilu 2024 tetap akan terselenggara. "Jadi, saya katakan, saya jamin, pemilu itu tahun 2024 jadi. Kalau di luar itu, saya tidak tahu. Itu urusan politik," tambahnya.

Beberapa waktu lalu, Mahfud melakukan pertemuan dengan pakar hukum tata negara yang juga mantan wakil menteri hukum dan hak asasi manusia (wamenkumham) Denny Indrayanadi kediamannya. Dalam pertemuannya dengan Denny Indrayana, Mahfud mengatakan isu penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden menjadi beberapa hal yang dibahas.

"Denny itu adik saya, junior saya. Sering ke rumah, sering ke sini (Kemenkopolhukam) juga. Yang pertemuan terakhir itu, kira-kira empat hari yang lalu, ke rumah itu," ujar Mahfud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement