Selasa 31 Jan 2023 17:05 WIB

Kinerja Saham Bank Mandiri Naik 41,3 Persen Sepanjang 2022

Harga saham BMRI sempat menyentuh level All Time High sebesar Rp 10.900 per lembar.

Red: Lida Puspaningtyas
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi (tengah) saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri di Jakarta, Kamis (10/3). Dalam rapat itu, pemegang saham menyepakati pembagian dividen sebesar 60% dari laba bersih 2021, atau sebesar Rp16,82 triliun, dimana 52% di antaranya  atau Rp8,75 triliun akan disetorkan ke negara. Prayogi/Republika
Foto: Prayogi/Republika
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi (tengah) saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank Mandiri di Jakarta, Kamis (10/3). Dalam rapat itu, pemegang saham menyepakati pembagian dividen sebesar 60% dari laba bersih 2021, atau sebesar Rp16,82 triliun, dimana 52% di antaranya atau Rp8,75 triliun akan disetorkan ke negara. Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang 2022 harga saham Bank Mandiri (BMRI) meningkat 41,3 persen secara year to date (ytd) hingga menyentuh harga penutupan saham tahun 2022 sebesar Rp 9.925 per lembar saham.

"Harga saham BMRI bahkan sempat menyentuh level All Time High sebesar Rp 10.900 per lembar saham pada 6 Desember 2022," kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga

Secara tahunan (yoy), hingga Desember 2022 kenaikan nilai saham BMRI lebih tinggi dibandingkan dengan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan bank besar lainnya secara agregat.

Menurut Darmawan, kunci kinerja saham BMRI yang solid sepanjang 2022 tidak terlepas dari strategi bisnis perusahaan dalam menjaga pertumbuhan yang prima.

"Lewat strategi agresif tapi prudent, Bank Mandiri tetap secara konsisten memperhatikan risiko di tengah transformasi digital yang masif sehingga mampu menghasilkan kinerja optimal," ujarnya.

Darmawan juga menuturkan rasio pengembalian ekuitas atau return on equity (ROE) bank only Tier-1 Bank Mandiri mencapai level 22,62 persen, meningkat signifikan mencapai 638 basis poin (bps) yoy di tahun 2022.

Selain itu, pendapatan bunga bersih atau Net Interest Income (NII) Bank Mandiri secara konsolidasi di tahun 2022 tumbuh 20,3 persen yoy menjadi Rp 87,9 triliun. Kenaikan tersebut ikut membawa rasio Net Interest Margin (NIM) terjaga di level optimal 5,47 persen.

"Berbagai inisiatif digital Bank Mandiri telah berhasil memberikan dampak positif kepada core business perseroan dan turut mendorong Bank Mandiri memperluas peran di pasar ekosistem digital," ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
ثُمَّ اَنْزَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْۢ بَعْدِ الْغَمِّ اَمَنَةً نُّعَاسًا يَّغْشٰى طَۤاىِٕفَةً مِّنْكُمْ ۙ وَطَۤاىِٕفَةٌ قَدْ اَهَمَّتْهُمْ اَنْفُسُهُمْ يَظُنُّوْنَ بِاللّٰهِ غَيْرَ الْحَقِّ ظَنَّ الْجَاهِلِيَّةِ ۗ يَقُوْلُوْنَ هَلْ لَّنَا مِنَ الْاَمْرِ مِنْ شَيْءٍ ۗ قُلْ اِنَّ الْاَمْرَ كُلَّهٗ لِلّٰهِ ۗ يُخْفُوْنَ فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ مَّا لَا يُبْدُوْنَ لَكَ ۗ يَقُوْلُوْنَ لَوْ كَانَ لَنَا مِنَ الْاَمْرِ شَيْءٌ مَّا قُتِلْنَا هٰهُنَا ۗ قُلْ لَّوْ كُنْتُمْ فِيْ بُيُوْتِكُمْ لَبَرَزَ الَّذِيْنَ كُتِبَ عَلَيْهِمُ الْقَتْلُ اِلٰى مَضَاجِعِهِمْ ۚ وَلِيَبْتَلِيَ اللّٰهُ مَا فِيْ صُدُوْرِكُمْ وَلِيُمَحِّصَ مَا فِيْ قُلُوْبِكُمْ ۗ وَاللّٰهُ عَلِيْمٌ ۢبِذَاتِ الصُّدُوْرِ
Kemudian setelah kamu ditimpa kesedihan, Dia menurunkan rasa aman kepadamu (berupa) kantuk yang meliputi segolongan dari kamu, sedangkan segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri; mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah seperti sangkaan jahiliah. Mereka berkata, “Adakah sesuatu yang dapat kita perbuat dalam urusan ini?” Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya segala urusan itu di tangan Allah.” Mereka menyembunyikan dalam hatinya apa yang tidak mereka terangkan kepadamu. Mereka berkata, “Sekiranya ada sesuatu yang dapat kita perbuat dalam urusan ini, niscaya kita tidak akan dibunuh (dikalahkan) di sini.” Katakanlah (Muhammad), “Meskipun kamu ada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditetapkan akan mati terbunuh itu keluar (juga) ke tempat mereka terbunuh.” Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Dan Allah Maha Mengetahui isi hati.

(QS. Ali 'Imran ayat 154)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement