Selasa 31 Jan 2023 17:09 WIB

Saham China Berakhir Jatuh Karena Investor Lakukan Aksi Ambil Untung

Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 ditutup merosot 1,1 persen.

Red: Friska Yolandha
Petugas berpelindung lengkap berjalan di lobby Gedung Shanghai Stock Exchange, Senin (3/2). Saham-saham China dan Hong Kong jatuh pada akhir perdagangan Selasa (31/1/2023) karena investor membukukan keuntungan setelah reli kuat yang dipicu oleh rekor aliran masuk asing bulanan.
Foto: AP
Petugas berpelindung lengkap berjalan di lobby Gedung Shanghai Stock Exchange, Senin (3/2). Saham-saham China dan Hong Kong jatuh pada akhir perdagangan Selasa (31/1/2023) karena investor membukukan keuntungan setelah reli kuat yang dipicu oleh rekor aliran masuk asing bulanan.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI -- Saham-saham China dan Hong Kong jatuh pada akhir perdagangan Selasa (31/1/2023) karena investor membukukan keuntungan setelah reli kuat yang dipicu oleh rekor aliran masuk asing bulanan. Analis memperkirakan kenaikan di depan karena tanda-tanda yang berkembang dari pemulihan ekonomi pasca-COVID membatasi kerugian. 

"Koreksi juga dapat dipicu oleh tanda-tanda perang teknologi China-AS yang meningkat, dan sentimen risk-off menjelang keputusan suku bunga AS minggu ini," kata Morgan Stanley. 

Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 ditutup merosot 1,1 persen. Sedangkan Indeks Komposit Shanghai melemah 0,4 persen dan indeks Hang Seng Hong Kong kehilangan 1,0 persen.

Untuk bulan ini, CSI 300 melonjak 7,4 persen, sedangkan indeks Hang Seng melonjak 10,4 persen.

Rebound pasar baru-baru ini dipicu oleh arus masuk uang asing yang kuat, karena dana global bertaruh pada pemulihan China setelah Beijing menghentikan pembatasan COVID yang ketat bulan lalu.

Meskipun libur Festival Musim Semi selama seminggu, pasar saham China daratan menyaksikan 141,3 miliar yuan (20,92 miliar dolar AS) pembelian asing bersih melalui Stock Connect pada Januari, arus masuk bulanan terbesar yang pernah tercatat. Itu juga melampaui total arus masuk pada tahun 2022.

Data resmi menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi China berayun kembali ke pertumbuhan pada Januari, menegaskan bahwa ekonomi telah mencapai titik terendah pada Desember.

"Kami memperkirakan momentum ekonomi akan meningkat lebih lanjut di kuartal pertama dan kuartal kedua, karena sektor jasa-jasa pulih dan konsumsi menjadi normal," tulis Zhiwei Zhang, President Pinpoint Asset Management.

Tetapi sebagian besar saham China jatuh karena kehati-hatian. Saham teknologi China turun 1,7 persen di tengah laporan media bahwa pemerintahan Biden telah berhenti menyetujui lisensi bagi perusahaan AS untuk mengekspor sebagian besar barang ke Huawei China, menandakan eskalasi dalam perang teknologi China-AS.

Saham teknologi Hong Kong juga jatuh, menyusul kemerosotan semalam di saham China yang tercatat di bursa AS.

Morgan Stanley mengatakan tetap overweigh pada ekuitas China, mengutip pemulihan ekonomi yang berjalan pada jalurnya, tanda-tanda stabilisasi hubungan China-AS, korelasi rendah dengan pasar AS, dan valuasi yang menarik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement