Selasa 31 Jan 2023 18:26 WIB

Hasil Liga 1: Persib Taklukkan PSIS, Gusur Persija di Puncak Klasemen

Persib Bandung mengalahkan PSIS Semarang 3-1 dalam lanjutan Liga 1.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Hasil BRI Liga 1, Persib
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
Hasil BRI Liga 1, Persib

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG-- Persib Bandung naik ke puncak klasemen Liga 1 Indonesia usai meraih kemenangan 3-1 atas PSIS Semarang pada pekan ke-21 Liga 1 Indonesia, di Stadion Jatidiri, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (31/1/2023). Maung Bandung menggusur posisi Persija Jakarta dengan keunggulan satu poin.

Laga ini juga menandai debut mantan pemain Persija Jakarta Rezaldi Hehanusa bersama Persib. Ia turun pada babak kedua dan mengirimkan assist untuk gol ketiga Maung Bandung.

Baca Juga

Jalannya laga

Persib memainkan tiga lini depan andalannya yakni Ciro Alves, David da Silva dan Ezra Wallian sejak menit pertama. PSIS juga menurunkan tiga penyerang sekaligus yakni Carlos Fortes, Oktafianus Fernando dan Wawan Febrianto.

Tempo permainan berlangsung cepat sejak menit awal. Ciro, Da Silva dan Ezra beberapa kali membuat kemelut area pertahanan PSIS. Sementara tuan rumah mencoba melakukan serangan cepat ketika mendapatkan bola. Tetapi serangan mereka nyaris selalu patah di tengah pertahanan.

Pada menit ke-11, Fortes nyaris mencetak gol ketika mendapatkan umpan build-up namun mantan pemain Arema FC itu sudah terjebak offside. Permainan sabar Maung Bandung sukses menjebol gawang PSIS melalui sundulan Marc Klok menyambut umpan silang David da Silva pada menit ke-18.

Tempo permainan kian cepat. PSIS meningkatkan tekanan. Skill individu dan pergerakan Fortes beberapa kali merepotkan pertahanan Persib. Pada menit ke-29, mereka mendapatkan peluang lewat tendangan sudut tetapi berhasil dipatahkan.

PSIS belum menemukan celah untuk menusuk ke area penalti Persib hingga 15 menit akhir babak pertama. Pasalnya, para pemain Persib bermain disiplin di lini belakang. Mereka juga cepata dalam transisi dari bertahan ke posisi menyerang.

Kerja sama tiga penyerang Persib yakni Ezra, Ciro dan Da Silva sukses membawa Persib menggandakan keunggulan pada menit ke-36. Berawal dari Ezra di posisi kanan, ia mengoper bola kepada Da Silva yang lolos dari kawalan pemain PSIS untuk memberikan umpan terobosan kepada Ciro. Dengan mudah Ciro mencetak gol kedua Persib. Gol tersebut sekaligus menjadi gol penutup pada babak pertama. 

PSIS meningkatkan tekanan sejak menit awal babak kedua demi mengejar ketertinggalan dua gol. Serangan bertubi-tubi dilancarkan oleh PSIS ke gawang Persib yang memaksan kiper Teja Pakualam beberapa kali harus menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Masuknya Taisei Marukawa di babak kedua membuat serangan PSIS lebih mengigit. Pemain asal Jepang itu selain mengontrol permainan juga menciptakan peluang. Pada menit ke-52, tembakannya memaksa Teja membloknya.

Kalah dalam penguasaan lini tengah, Luis Milla menarik keluar Ciro dan digantikan Beckham Putra pada menit ke-57. Keputusan tepat memasukkan Beckham karena ia membuat serangan Persib kembali hidup. Permainan kian menarik ketika Marukawa mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan PSIS menjadi 1-2 pada menit ke-65.

Ia memanfaatkan bola pantul di depan gawang Persib. Ia mengecoh kiper Persib sebelum melesakkan bola ke gawang. Pada menit ke-72 Da Silva nyaris mencetak gol lewat sundulan namun masih melenceng. Pada menit ke-81, pemain baru Persib Rezaldi Hehanusa memberikan umpan lambung manis yang memudahkan David da Silva mencetak gol melalui sundulan sekaligus membawa Persib unggul 1-3.

Pada menit ke-87, Marukawa mendapatkan peluang memperkecil ketertinggalan ketika ia berhadap-hadapan dengan kiper Persib. Namun tembakannya melenceng jauh ke dari gawang. Hingga laga berakhir Persib mempertahankan keunggulan 1-3. 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ
Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.”

(QS. Al-Baqarah ayat 285)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement