Rabu 01 Feb 2023 06:56 WIB

PSSI Minta Shin Tae-yong Bekerja Lebih Baik Lagi Sepanjang 2023 Ini

Shin tidak hanya diminta maksimal di timnas senior, tetapi juga di timnas U-20.

Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada para pesepak bola timnas selama latihan.
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada para pesepak bola timnas selama latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI tuntas mengevaluasi kinerja pelatih tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong. Hasilnya, juru taktik asal Korea Selatan (Korsel) itu diminta untuk bekerja lebih baik di beberapa turnamen internasional ke depan.

"PSSI meminta pelatih Shin Tae-yong untuk bekerja lebih baik mengingat timnas akan menghadapi kompetisi-kompetisi penting sepanjang tahun," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, diunggah di laman PSSI, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga

Menurut Yunus, Shin tidak hanya diminta maksimal di timnas senior, tetapi juga di timnas U-20 yang akan berkompetisi di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 tahun 2023. Kiprah Shin Tae-yong di timnas Indonesia mendapat sorotan lantaran gagal membawa skuadnya menjuarai Piala AFF 2022.

Di turnamen itu, skuad Garuda hanya sampai semifinal. Itu kedua kalinya Shin Tae-yong gagal membawa Indonesia menjadi kampiun di Piala AFF. Sebelumnya, pada Piala AFF 2020, Shin mengantarkan skuadnya sampai ke final.

Meski demikian, sepanjang tahun 2022, Shin Tae-yong mencatatkan beberapa prestasi di timnas Indonesia. Di tangannya, tim Garuda lolos ke Piala Asia 2023 dan skuad U-20 melaju ke Piala Asia U-20 2023. Selain itu, Indonesia juga merebut medali perunggu SEA Games 2021.

Berikutnya, Shin Tae-yong memimpin skuadnya untuk berkompetisi di Piala Asia U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023. Setelah itu, timnas U-20 Indonesia akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023. Kemudian, Garuda akan bersaing dengan lawan-lawannya di Piala Asia 2023.

Di luar turnamen-turnamen itu, Shin juga harus mempersiapkan timnas Indonesia untuk menjalani laga persahabatan internasional FIFA pada Maret 2023. Dengan demikian, Shin Tae-yong yang direkrut oleh PSSI sejak Desember 2019 akan tetap mengisi jabatannya itu setidak-tidaknya sampai kontraknya berakhir pada Desember 2023.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَالْمُحْصَنٰتُ مِنَ النِّسَاۤءِ اِلَّا مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۚ كِتٰبَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ ۚ وَاُحِلَّ لَكُمْ مَّا وَرَاۤءَ ذٰلِكُمْ اَنْ تَبْتَغُوْا بِاَمْوَالِكُمْ مُّحْصِنِيْنَ غَيْرَ مُسَافِحِيْنَ ۗ فَمَا اسْتَمْتَعْتُمْ بِهٖ مِنْهُنَّ فَاٰتُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّ فَرِيْضَةً ۗوَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيْمَا تَرَاضَيْتُمْ بِهٖ مِنْۢ بَعْدِ الْفَرِيْضَةِۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيْمًا حَكِيْمًا
Dan (diharamkan juga kamu menikahi) perempuan yang bersuami, kecuali hamba sahaya perempuan (tawanan perang) yang kamu miliki sebagai ketetapan Allah atas kamu. Dan dihalalkan bagimu selain (perempuan-perempuan) yang demikian itu jika kamu berusaha dengan hartamu untuk menikahinya bukan untuk berzina. Maka karena kenikmatan yang telah kamu dapatkan dari mereka, berikanlah maskawinnya kepada mereka sebagai suatu kewajiban. Tetapi tidak mengapa jika ternyata di antara kamu telah saling merelakannya, setelah ditetapkan. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. An-Nisa' ayat 24)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement