Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suko Waspodo

Seledri Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Anda

Info Terkini | Wednesday, 01 Feb 2023, 16:31 WIB
image: Alodoc

Batang utuh memberikan manfaat lebih dari biji seledri

Hampir di setiap kesempatan, sains dan kedokteran mengungkapkan “makanan super” baru yang secara dramatis akan meningkatkan kesehatan kita. Biji chia dapat menurunkan kolesterol Anda. Sayuran berdaun hijau membakar lemak perut. Blueberry meningkatkan antioksidan Anda.

Sekarang, camilan ajaib terbaru – biji seledri untuk menurunkan tekanan darah tinggi (HBP). Tetapi apakah itu benar-benar bekerja?

"Bukan rahasia lagi bahwa tanaman menawarkan vitamin, mineral, serat dan antioksidan untuk membantu Anda menjaga kesehatan yang baik, tetapi itu adalah kesalahan untuk berpikir bahwa Anda hanya bisa makan zat-zat itu sebagai suplemen dan benar-benar mendapatkan manfaat yang sama," menurut Luke Laffin, MD, Departemen Kedokteran Kardiovaskular.

Nutrisi tanaman yang terisolasi dan senyawa lain bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan, tetapi kita tidak benar-benar tahu mengapa atau bagaimana mereka melakukannya.

Penelitian telah menemukan bahwa mengambil ekstrak biji seledri meningkatkan kadar tekanan darah pada pasien yang mengalami peningkatan ringan hingga sedang. Tetapi sebagian besar, penelitian menunjukkan bahwa mengambil ekstrak tumbuhan menawarkan sedikit atau tidak ada manfaat dan kadang-kadang dapat menyebabkan bahaya. “Untuk alasan ini, masuk akal untuk hanya memakan seluruh makanan, termasuk seledri,” kata Dr. Laffin.

Khawatir tentang tekanan darah?

Tekanan darah Anda mengukur kekuatan yang diberikan jantung Anda untuk memompa darah ke seluruh tubuh Anda. Semakin tinggi tekanan Anda, semakin keras jantung Anda bekerja.

Jika tekanan Anda cukup tinggi, itu dapat merusak pembuluh darah Anda, serta jantung, ginjal, mata, dan otak Anda. Hal ini juga dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk penyakit jantung koroner, stroke, gagal jantung dan kebutaan.

“Setiap tekanan darah di atas 130/80 mmHg dianggap tinggi. Membatasi asupan natrium Anda di bawah 2.300 mg setiap hari dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda, ”kata Dr. Laffin.

Seledri untuk menurunkan tekanan darah

Seledri mengandung fitokimia yang disebut phthalides. Sebagai ekstrak, itu disebut NBP, dan melemaskan jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

Makan seluruh makanan, bagaimanapun, lebih baik. Kandungan garam batang seledri rendah, dan Anda juga mendapatkan serat, magnesium, dan kalium untuk membantu mengatur tekanan darah Anda.

“Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus makan sekitar empat batang – satu cangkir, cincang – seledri setiap hari,” kata Dr. Laffin.

Diet DASH

Seledri saja tidak akan menurunkan tekanan darah Anda.

Sebagian besar organisasi kesehatan utama, termasuk Klinik Cleveland dan Institut Jantung, Paru, dan Darah Nasional, merekomendasikan Diet DASH, program nutrisi yang ditargetkan untuk menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular.

“Diet yang sebagian besar didasarkan pada tanaman sangat ideal,” kata Dr. Laffin.

Dengan makan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan dan minyak sayur, Anda mendapatkan kalium, kalsium, magnesium, serat, protein dan natrium yang dibutuhkan untuk mengontrol tekanan darah Anda. Anda juga harus membatasi makanan manis, minuman manis dan daging merah.

***

Solo, Rabu, 1 Februari 2023. 4:17 pm

'salam sehat penuh cinta'

Suko Waspodo

suka idea

antologi puisi suko

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image