Kamis 02 Feb 2023 13:04 WIB

Habib Jafar al-Hadar: Musuh Saya Bukan Non Muslim, tapi RX-King

Habib Jafar menjelaskan jenis musik yang haram dalam Islam

Rep: Muhyiddin Yamin/ Red: Partner
.
Foto: network /Muhyiddin Yamin
.

Habib Husein Ja'far dalam acara pembukaan Nahdlatut Tujjar Fest di Alun-Alun Sidoarjo, Rabu (1/2/2023) malam.

BOYANESIA -- Pendakwah milenial yang lagi populer, Habib Husein Ja’far Al-Hadar menjelaskan, salah satu musik yang diharamkan dalam Islam adalah musik yang suaranya fals. Karena, menurut Habib Ja’far, hal itu bisa mencelakakan orang lain.

“Kalau yang nyanyi fals, itu musiknya haram, karena kata Nabi Muhammad La Dharara wala Dhirar, seorang muslim, seorang mukmin itu jangan sampai menganggu orang lain apalagi mencelakakan orang lain. Nah suara yang sumbang itu bisa mencelakakakan orang lain,” ujar Habib Ja’far saat berceramah dalam acara pembukaan Nahdlatut Tujjar Fest di Alun-Alun Sidoarjo pada Rabu (1/2/2023) malam.

Bahkan, menurut dia, Cak Sodiq New Monata sampai mempopulerkan lagu “Numpak RX-King” karena tidak suka dengan suara sumbang. “Kalau gak percaya saking mangkelnya Cak Sodiq sama suara yang sumbang itu sampai dia bikin lagu knalpot brong tadi,” ucap Habib Ja’far.

Menurut dia, suara motor RX-King itu juga menjadi musuhnya dalam berdakwah. “RX-King itu, itu musuh saya dalam berdakwah itu RX-King. Musuh saya itu bukan orang kafir, bukan orang non muslim, RX-King,” kata Habib Ja’far bergurau yang disambut tawa hadirin.

Motor klasik itu menjadi musuhnya karena saat merekam ceramahnya untuk diunggah Youtube, suaranya sering menggagunya. “Karena sekali dia lewat, saya harus retake ceramah saya di youtube, karena dia mengganggu audio, reeeng gitu kan,” katanya sembari menirukan suara motor RX-King.

“Jadi itu kalau anda perhatikan itu, reeeng itu kedengarannya kayak reeeng, tapi kalau disimak dengan hati itu artinya laknat gitu..haha,” imbuhnya yang disambut dengan gelak tawa penonton.

Padahal, tambah dia, dalam Islam itu diajarkan agar bermanfaat buat orang lain, dan seminimal-minimalnya manfaat itu tidak menggangu orang lain. “Ini kok iso menggagu orang ke sana ke mari, terus kok dia itu bisa tahan, gak ngerasa terganggu dengan bunyi knalpotnya,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement