Kamis 02 Feb 2023 14:26 WIB

Makanan Sehat Bisa Menjadi Racun, Ini 8 di Antaranya

Makanan sehat pun berpotensi membahayakan jika tidak dikonsumsi dengan pas.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Makanan sehat yang bisa menjadi racun. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Makanan sehat yang bisa menjadi racun. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak dapat disangkal banyak orang ingin panjang umur dan sehat. Untuk mencapai hal tersebut, kuncinya adalah menerapkan pola makan sehat. Namun jangan salah, makanan sehat pun berpotensi membahayakan jika tidak dikonsumsi dengan pas.

“Ada beberapa alasan mengapa makanan yang kita anggap baik, sebenarnya bisa membahayakan,” ujar ahli nutrisi yang juga dokter di Penn Medicine Lancaster General Health, Dr Beth McCampbell dilansir Eat This Not That, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga

Penyebab umum keracunan adalah alergi makanan yang tidak terdiagnosis atau tidak dikenali. Atau bisa juga ketika alergen makanan secara tidak disadari tertelan oleh seseorang, atau makanan yang telah rusak, tidak dimasak dengan benar, atau makanan yang hanya aman jika dimakan dengan cara tertentu.

Dengan apa pun yang tertelan atau terpapar, penting untuk diingat bahwa dosis yang membuat sebuah makanan jadi beracun. Toksisitas makanan sering kali disebabkan oleh persiapan atau penanganan yang tidak tepat.