REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT SRC Indonesia (SRCIS) Sembilan kembali mengukuhkan komitmennya dalam mengembangkan pelaku UMKM khususnya para pemilik toko kelontong yang tergabung ke dalam Sampoerna Retail Community (SRC). Hal ini bertujuan agar semakin berdaya saing dan dapat berkontribusi pada perekonomian Indonesia.
Upaya ini dilakukan melalui berbagai kolaborasi dan inovasi. Untuk semakin mendukung perkembangan UMKM Indonesia, SRCIS juga turut berkolaborasi dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta, termasuk PT Tirta Investama (AQUA).
Kolaborasi SRCIS dengan AQUA telah terjalin sejak 2019 dalam memenuhi kebutuhan air mineral berkualitas kepada masyarakat. Melalui kerja sama ini, konsumen dapat menikmati layanan pesan antar berbagai produk AQUA dengan lebih mudah melalui platform digital yang dikembangkan oleh SRCIS, yaitu aplikasi AYO Kelontong.
VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan
Kerja sama ini juga merupakan bagian dari komitmen bersama antara SRCIS dengan AQUA dalam mengembangkan toko kelontong yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional. Pada 2023, kerja sama diharapkan akan menjangkau hingga 6.000 toko kelontong SRC yang tersebar di berbagai wilayah di Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Bali.
"Kami sangat mengapresiasi upaya dan komitmen SRC dalam mewujudkan perubahan positif pada UMKM terutama toko kelontong yang merupakan bagian besar dari UMKM," ujarnya, Kamis (2/2/2023).
Selain itu, memberikan layanan yang memudahkan konsumen dalam menikmati produk-produk yang berkualitas senantiasa menjadi prioritas. Atas dasar komitmen dan visi bersama tersebut, AQUA menjalin kolaborasi dengan berbagai mitra, termasuk toko kelontong SRC, untuk memastikan akses air mineral berkualitas bagi keluarga di Indonesia sekaligus mengembangkan ekonomi masyarakat.
Vera menyebut kolaborasi ini juga menjadi bagian dari komitmen AQUA untuk memperluas inisiatif dan upaya kolaborasi untuk memenuhi komitmen perusahaan dalam menghadirkan air mineral berkualitas yang terjamin dari aspek mutu serta kualitas yang diproduksi secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.
“Kami menyadari bagaimana seluruh produk kami telah menjadi bagian dari kehidupan dan kesehatan keluarga di Indonesia sejak lama. Maka itu, seluruh produk AQUA yang beredar di pasaran diproduksi dengan standar kualitas yang tinggi. Mayoritas bisnis kami juga sudah mendukung keberlanjutan lingkungan dengan kemasan galon guna ulang AQUA yang telah hadir sejak 1983 dan telah membentuk budaya reusable sehingga mengurangi dampak terhadap lingkungan. Kami terus mengembangkan berbagai pilihan produk yang lebih ramah lingkungan baik secara kemasan maupun operasional,” ucap Vera.
Sebelumnya, SRCIS dan AQUA telah bekerja sama untuk mengembangkan lebih dari 45 ribu toko kelontong SRC di Indonesia. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mendapatkan produk serta mendorong peningkatan transaksi melalui pemanfaatan platform digital yang diharapkan juga semakin meningkatkan pendapatan para pemilik Toko SRC.
Maka itu, kolaborasi dengan SRCIS menjadi sangat penting bagi AQUA dalam mendukung berbagai program pengembangan UMKM yang dicanangkan oleh perusahaan maupun pemerintah.
Direktur PT SRC Indonesia Sembilan, Rima Tanago berharap, kolaborasi ini dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mendapatkan produk serta berdampak positif bagi pemilik Toko SRC yang tersebar di seluruh Indonesia dalam menyediakan kebutuhan konsumen terutama dalam penyediaan produk berkualitas.
“Dari sisi pelayanan, diharapkan konsumen akan dimudahkan dalam memperoleh produk air mineral sebagai kebutuhan sehari-hari. Ini merupakan salah satu langkah strategis SRCIS dalam mendukung transformasi dan digitalisasi UMKM. Dengan dukungan SRCIS dan juga AQUA, kami berharap UMKM dapat bersaing sesuai perkembangan zaman dan turut mendukung pemulihan perekonomian Indonesia,” kata Rima.
Rima menyebut, SRCIS akan terus melakukan inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak terutama yang memiliki visi misi yang sama dalam pengembangan UMKM toko kelontong serta memberikan dampak positif bagi Toko SRC. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait pengembangan sektor UMKM di Indonesia.
“Selama 15 tahun, SRC telah konsisten mendorong transformasi toko kelontong agar menjadi adaptif dan inovatif terhadap kebutuhan masyarakat masa kini. Kami berkomitmen terus berkontribusi untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi pemilik toko SRC, masyarakat, dan Indonesia,” ucap Rima.