Sabtu 04 Feb 2023 13:35 WIB

Dewa 19 Konser di JIS, Polda Metro Jaya Kerahkan Ribuan Personel

Kendaraan untuk parkir disiapkan di dua tempat, yaitu di Ancol dan Kemayoran.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Grup musik Dewa 19 tampil bersama vokalis Ari Lasso (kiri) dalam konser bertajuk Dewa 19-A Night at The Orchestra Episode 2 di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, Sabtu (10/12/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Grup musik Dewa 19 tampil bersama vokalis Ari Lasso (kiri) dalam konser bertajuk Dewa 19-A Night at The Orchestra Episode 2 di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, Sabtu (10/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) menerapkan pola pengamanan konser grup musik Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS), Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (4/2/2023) malam WIB, dengan mekanisme penjagaan berlapis sejak pintu masuk stadion.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, petugas gabungan bakal menjaga konser Dewa 19 agar berjalan lancar, Setidaknya, pengamanan dari kepolisian berjumlah 2.174 personel dibantu 100 personel TNI, dan 100 petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI.

Selain itu, ada 100 personel Satpol PP DKI, 471 petugas pengamanan, 475 kru, dan 170 petugas medis ikut berjaga, serta tidak ketinggalan 10 unit ambulans gawat darurat disiapkan. Petugas pengamanan mengarahkan penonton konser musik Dewa 19 menaiki bus pengumpan (shuttle bus) dari Jakarta International Expo di Kemayoran dan Pantai Karnaval di Ancol.

Hal itu mengingat lokasi (venue) JIS tidak tersedia tempat parkir kendaraan. Petugas juga bersiaga mengatur akses kendaraan di jalan yang mengarah ke JIS. Belum ada rencana penerapan rekayasa lalu lintas. "Rekayasa lalu lintas dilakukan secara situasional, jika terjadi kepadatan kendaraan yang tidak dapat dihindarkan," kata Trunoyudo di Jakarta, Sabtu.

Kendaraan untuk parkir disiapkan di dua tempat, yaitu di Ancol dan Kemayoran. Penonton dapat menggunakan bus pengumpan untuk ke lokasi konser. Berdasarkan jadwal penyelenggaraan acara yang diunggah di akun Instagram pihak promotor, penonton konser bertajuk 'Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19' baru diperbolehkan masuk ke lokasi pukul 13.00 WIB.

Petugas pengamanan ada dua orang di setiap pintu masuk gedung utama. Tugasnya melakukan pemeriksaan tubuh (body checking) sebelum penonton diperbolehkan masuk ke dalam lokasi konser. Di JIS ada 14 pintu barat, 15 pintu selatan dan 9 pintu timur. Anak di bawah usia 12 tahun tidak diperbolehkan masuk ke lokasi konser.

Setelah masuk, pengunjung hanya boleh duduk di tempat duduk berdasarkan nomor yang tertera di gelang pada saat membeli tiket (by seat by number). Konser musik Dewa 19, grup musik yang digawangi Ahmad Dhani memboyong empat vokalis, yakni Ari Lasso, Once, Virzhadan Ello, serta lima penabuh drum Dewa 19.

Penampilan pembuka di panggung dimulai pukul 17.00 hingga 18.00 WIB, lalu dilanjutkan jeda adzan Maghrib hingga pukul 19.00 WIB. Setelah itu Dewa 19 menampilkan pertunjukan musiknya lagi dari pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement