Sabtu 04 Feb 2023 17:11 WIB

Mengapa Sebaiknya Berhijab?

Hijab hukumnya wajib bagi seorang wanita yang telah baligh.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
 Mengapa Sebaiknya Berhijab? Foto:  Ilustrasi Muslimah
Foto: Pixabay
Mengapa Sebaiknya Berhijab? Foto: Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada 10 alasan utama seorang muslimah sebaiknya berhijab. Laman aboutislam.net merangkumnya agar menjadi perhatian bagi muslimah yang telah akil baligh.

Pertama, hijab hukumnya wajib bagi seorang wanita yang telah baligh. Allah ﷻ berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 59: 

Baca Juga

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Mahapengampun lagi Mahapenyayang.”    

Kedua, segala sesuatu yang Allah ﷻ perintahkan dan minta kita lakukan adalah untuk kepentingan kita sendiri, termasuk berhijab. 

Ketiga, berjilbab merupakan hal yang paling dicintai di mana seorang muslimah dapat mencari Allah ﷻ dengan rendah hati dan tulus mengikuti petunjuk-Nya. 

Keempat, Hijab bukan tentang sekadar melindungi wanita dari laki-laki. Hijab disebutkan dalam surat An Nur  dan itu terkait dengan nama Allah ﷻ yaitu an Nur. Jilbab adalah tindakan iman, inilah sebabnya Allah ﷻ berbicara kepada wanita yang beriman ketika Dia memerintahkannya. 

Kelima, hijab membuat wanita merasa kuat dan berdaya. Keenam, dengan berjilbab seorang Muslim tidak serta merta harus mengikuti masyarakat, mode atau apa yang orang anggap cantik dan modis. 

Ketujuh, saat mengenakan jilbab yang tepat, orang tidak sekadar memperhartikan penampilan, melainkan oleh kecerdasan, bakat, dan apa yang wanita katakan. 

Kedelapan, tubuh wanita adalah  amanah, kita hanya hidup di tubuh ini sementara, jadi wanita harus memperlakukannya seperti yang diperintahkan Pemiliknya, Allah ﷻ. 

Kesembilan, wanita diminta untuk berpakaian sopan dan berperilaku sopan, dan pria diminta untuk menurunkan pandangan dan berperilaku sopan. 

Kesepuluh, mengenakan hijab dari sisi wanita, dan menundukkan pandangan dari sisi pria adalah keseimbangan. Ini seperti mengatur hidup kita dengan cara yang membuatnya lebih fokus, bermartabat dan produktif.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement