Ahad 05 Feb 2023 17:55 WIB

Inggris Ancam Potong dan Pantau Dana LSM Muslim yang Kampanyekan Ekstremisme 

Inggris mempunyai komitmen tinggi tekan potensi ekstremisme

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
 Bendera  Inggris (ilustrasi). Inggris mempunyai komitmen tinggi tekan potensi ekstremisme
Foto: AP/Alberto Pezzali
Bendera Inggris (ilustrasi). Inggris mempunyai komitmen tinggi tekan potensi ekstremisme

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Kelompok-kelompok Muslim di Inggris yang terkait dengan kampanye ekstremisme akan menghadapi pemotongan dana dan pemantauan yang lebih besar. 

Hal ini berdasarkan rencana yang diajukan Menteri Dalam Negeri Inggris Suella Braverman, surat kabar The Times melaporkan. 

Baca Juga

Rencana untuk merombak program anti-ekstremisme Inggris, Prevent datang menjelang rilis yang diharapkan pekan depan dari hasil yang telah lama ditunggu-tunggu dari tinjauan Shawcross dari program tersebut. 

Dilansir dari Arab News, Ahad (5/2/2023), Sumber mengatakan, bahwa tinjauan tersebut akan mengkritik langkah pencegahan karena gagal menekan, dan dalam beberapa kasus mendukung secara finansial, kelompok-kelompok Muslim yang terkait dengan ekstremisme. 

Beberapa kelompok tersebut menerima dana dari cadangan Program Pencegahan ini senilai 48 juta dolar yang dialokasikan untuk mendukung kelompok masyarakat yang menangani ekstremisme. 

Tinjauan status amal organisasi Muslim, yang dapat menyebabkan hilangnya keringanan pajak, juga kemungkinan akan menyusul. 

Tujuh dari 13 serangan teroris yang dilakukan di Inggris dalam enam tahun terakhir dilakukan orang-orang yang dikenal dengan Program Prevent, yang mengarah pada kritik atas kemampuan skema untuk mencegah kekerasan, dan lonjakan rujukan Prevent, termasuk 2.127 anak sekolah telah menyebabkan kekhawatiran bahwa program tersebut gagal menghentikan mereka yang digolongkan sebagai "rentan" untuk beralih ke teror. 

Radikal sayap kanan merupakan kelompok rujukan terbesar kedua untuk Mencegah untuk tahun kedua berturut-turut, dengan 1.309.

Laporan Shawcross diperkirakan akan berpendapat bahwa Prevent terlalu fokus pada ekstremisme sayap kanan, mengabaikan ancaman Islamisme radikal. 

Salah satu reformasi utama yang tampaknya akan dimasukkan dalam laporan adalah persyaratan bahwa setiap panel peninjau kasus Prevent mencakup setidaknya satu individu dengan pengalaman dalam penegakan hukum, termasuk polisi, intelijen, dan kontra-terorisme. 

Baca juga: Ketika Sayyidina Hasan Ditolak Dimakamkan Dekat Sang Kakek Muhammad SAW

Laporan yang telah menghadapi penundaan yang signifikan setelah perselisihan internal juga akan berpendapat bahwa dinas intelijen domestik Inggris, MI5, serta otoritas kontraterorisme, harus diberikan akses yang lebih besar ke cara kerja dalam program Prevent dalam upaya untuk memutar kembali transformasi skema menjadi "perpanjangan layanan sosial." 

Sebagai bagian dari proposal itu, otoritas lokal dan organisasi masyarakat juga akan memiliki pengaruh yang lebih kecil dalam memutuskan apakah individu yang berisiko harus ditargetkan oleh Prevent.

Braverman akan meninjau proposal dan diperkirakan akan bergerak maju dengan reformasi akhir tahun ini.

 

Sumber: arabnews  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement