Senin 06 Feb 2023 16:02 WIB

Ridwan Kamil Terharu Istri Kedua Sukarno Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Pengusulan Inggit jadi pahlawan sudah mendapatkan restu dari Megawati Soekarnoputri.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil, mengaku terharu mendengar kabar tentang sosok Inggit Garnasih, istri kedua Presiden Sukarno, yang akan diusulkan menjadi pahlawan nasional. Usulan pemberian pahlawan berasal dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

"Saya juga sangat terharu di podium ini. Saya mendengar bahwa sosok Ibu Inggit Garnasih disetujui untuk diusulkan sebagai pahlawan nasional," kata Kamil dalam keterangan tertulisnya di Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (6/1/2023).

Kabar tentang usulan Inggit Garnasih tersebut diutarakan saat Gubernur Ridwan Kamil menghadiri Pembukaan Senam Sehat dan Gerak Jalan Jabar Bangkit dalam rangka Peringatan HUT ke-50 salah satu partai politik di halaman depan Gedung Sate, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Pemprov Jabar mulai membahas usulan Inggit Garnasih agar mendapatkan gelar pahlawan nasional, yakni dengan menunjuk Tim Pengkaji Gelar Pahlawan Daerah (TP2GD). TP2GD ditugaskan oleh Pemprov Jabar untuk melengkapi berkas pengajuan untuk istri kedua Bung Karno tersebut.