Selasa 07 Feb 2023 05:15 WIB

BNPB: Dalam Sepekan Terjadi 57 Kejadian Bencana Masuki Puncak Hujan

Ada 57 kali kejadian, bencana banjir mendominasi 40 persen

Red: Esthi Maharani
BNPB mencatat memasuki puncak musim hujan di Indonesia telah terjadi 57 kejadian bencana dalam sepekan antara 30 Januari - 5 Februari 2023.
Foto: ANTARA FOTO/Kornelis Kaha
BNPB mencatat memasuki puncak musim hujan di Indonesia telah terjadi 57 kejadian bencana dalam sepekan antara 30 Januari - 5 Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat memasuki puncak musim hujan di Indonesia telah terjadi 57 kejadian bencana dalam sepekan antara 30 Januari - 5 Februari 2023.

"Ada 57 kali kejadian, bencana banjir mendominasi 40 persen, cuaca ekstrem, tanah longsor," kata Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing yang diikuti daring di Jakarta, Senin (6/2/2023)

Ia mengatakan kejadian bencana, meningkat dibanding sebelumnya yakni 46 kali kejadian.

Dipaparkannya bahwa banjir paling dominan menyebabkan korban meninggal dan penduduk mengungsi. Karena itu, pihaknya mewanti-wanti agar masyarakat waspada dengan potensi bencana hidrometeorologi basah pada akhir Februari hingga awal Maret 2023.

BNPB telah melakukan intervensi potensi bencana hidrometeorologi basah mulai musim Nataru 2022-2023 dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC). Hal itu membuat pola perawanan menjadi sedikit berkurang.

"Dan di akhir Januari hingga awal bulan Februari, kita waspadai mungkin puncak musim hujan ini akan ada di minggu kedua, atau ketiga hingga akhir Februari nanti," kata AbdulMuhari.

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa setelah musim hujan, Indonesia harus waspada dengan pola kekeringan, atau pola musim kemarau yang kembali ke fase sebelum dipengaruhi oleh La Nina.

Selain itu, bencana gempa bumi di kawasan Bandung, Pangalengan, Garut beberapa waktu lalu menyebabkan kerusakan ringan 442 rumah, meskipun kekuatan tidak besar tetapi pusat gempa sangat dangkal, sehingga dampaknya cukup signifikan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَقَالَ لَهُمْ نَبِيُّهُمْ اِنَّ اللّٰهَ قَدْ بَعَثَ لَكُمْ طَالُوْتَ مَلِكًا ۗ قَالُوْٓا اَنّٰى يَكُوْنُ لَهُ الْمُلْكُ عَلَيْنَا وَنَحْنُ اَحَقُّ بِالْمُلْكِ مِنْهُ وَلَمْ يُؤْتَ سَعَةً مِّنَ الْمَالِۗ قَالَ اِنَّ اللّٰهَ اصْطَفٰىهُ عَلَيْكُمْ وَزَادَهٗ بَسْطَةً فِى الْعِلْمِ وَالْجِسْمِ ۗ وَاللّٰهُ يُؤْتِيْ مُلْكَهٗ مَنْ يَّشَاۤءُ ۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ
Dan nabi mereka berkata kepada mereka, “Sesungguhnya Allah telah mengangkat Talut menjadi rajamu.” Mereka menjawab, “Bagaimana Talut memperoleh kerajaan atas kami, sedangkan kami lebih berhak atas kerajaan itu daripadanya, dan dia tidak diberi kekayaan yang banyak?” (Nabi) menjawab, “Allah telah memilihnya (menjadi raja) kamu dan memberikan kelebihan ilmu dan fisik.” Allah memberikan kerajaan-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 247)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement