Selasa 07 Feb 2023 18:37 WIB

Lakukan 3 Tindakan Ini Saat Terjadi Gempa Bumi

Ketika terjadi gempa bumi, perhatikan tempat Anda berpijak.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan saat terjadi gempa bumi/ilustrasi.
Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan saat terjadi gempa bumi/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat terjadi gempa bumi, ada tiga hal yang bisa Anda lakukan jika Anda berada di dalam bangunan. Yakni, lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja dan lain-lain; cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan; dan lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

Seperti dilansir dari situs BMKG, Anda bisa menghindari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon dan lain-lain, serta perhatikan tempat Anda berpijak jika berada di luar bangunan atau area terbuka. Hindari tempat berpijak Anda apabila terjadi rekahan tanah.

Baca Juga

Jika Anda sedang mengendarai mobil saat gempa bumi, hal yang Anda bisa lakukan adalah keluar, turun, dan menjauh dari mobil. Hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran. Lalu, Anda bisa melakukan langkah yang sama seperti ketika berada di luar bangunan atau area terbuka.

Bagi Anda yang tinggal atau berada di pantai saat gempa, jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami. Begitu juga dengan Anda yang tinggal di daerah pegunungan, hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran apabila terjadi gempa bumi.

Setelah terjadi gempa bumi, Anda bisa keluar dari bangunan dengan tertib jika Anda berada di dalam bangunan. Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa.

Periksa apa ada yang terluka. Lakukan P3K. Telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.

Berikutnya, periksa lingkungan sekitar Anda. Yang bisa dilakukan yaitu periksa apabila terjadi kebakaran, periksa apabila terjadi kebocoran gas, periksa apabila terjadi hubungan arus pendek listrik, periksa aliran dan pipa air, serta periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan (mematikan listrik, tidak menyalakan api dan lain-lain.

Hal-hal selanjutnya yang dapat  dilaksanakan setelah terjadi gempa, yakni

  • Jangan panik.
  • Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.
  • Jangan berjalan di daerah sekitar gempa karena kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.
  • Dengarkan informasi mengenai gempa bumi dari radio (apabila terjadi gempa susulan).
  • Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.
  • Mengisi  angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi.
  • Jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa demi keamanan dan keselamatan semuanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement