Selasa 07 Feb 2023 11:27 WIB

Dituding Picu Gagal Ginjal, Produsen Obat Sirup Praxion Beri Tanggapan

PT Pharos Indonesia memeriksa ulang keamanan Praxion di laboratorium internal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Praxion buatan Pharos Indonesia. Produsen obat sirop Praxion, PT Pharos Indonesia, melakukan penarikan sementara produk obat tersebut secara sukarela.  (ilustrasi)
Foto: Dok Pharos Indonesia
Praxion buatan Pharos Indonesia. Produsen obat sirop Praxion, PT Pharos Indonesia, melakukan penarikan sementara produk obat tersebut secara sukarela. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen obat sirup Praxion, PT Pharos Indonesia, memberikan respons terhadap pemberitaan mengenai pasien anak yang mengalami gagal ginjal akut progresif atipikal (GGAPA) dan disebutkan mengonsumsi produk Praxion. PT Pharos Indonesia menyatakan keprihatinannya.

PT Pharos Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan konsumen. Dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id pada Selasa (7/2/2023), Director of Corporate Communication PT Pharos Indonesia, Ida Nurtika, mengatakan perusahaan tersebut telah melakukan voluntary recall (penarikan produk secara sukarela) terhadap produk Praxion dari batch terkait sebagai tanggung jawab industri farmasi.

Baca Juga

"Segera setelah mendapatkan berita, PT Pharos Indonesia melakukan pemeriksaan ulang keamanan produk di laboratorium internal," ujarnya.

Pengujian dilakukan sesuai dengan aturan Farmakope Indonesia edisi VI suplemen II. Hasil pemeriksaan internal ini menunjukkan produk masih memenuhi spesifikasi Farmakope Indonesia.

PT Pharos Indonesia telah meminta seluruh mitra distribusi dan penjualan untuk sementara waktu tidak menjual produk Praxion sampai ada pemberitahuan lebih lanjut. Untuk memastikan mutu dan keamanan produk, PT Pharos Indonesia melakukan pemeriksaan pada tiga laboratorium eksternal yang terakreditasi. Hasil pemeriksaan ini akan diperoleh dalam beberapa hari yang akan datang.

Untuk memperkuat data, secara aktif PT Pharos Indonesia juga mengumpulkan sampel produk dari apotik-apotik untuk diperiksa mutu dan keamanannya secara intensif. Menurut dia, Praxion telah diproduksi sesuai standar CPOB. PT Pharos Indonesia mendukung penuh upaya Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menginvestigasi permasalahan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement