Rabu 08 Feb 2023 04:35 WIB

Begini Pemeriksaan Payudara yang Benar untuk Perempuan Muda

Pemeriksaan payudara sendiri (sadari) juga penting dilakukan perempuan muda.

Red: Natalia Endah Hapsari
Pita pink menjadi simbol kesadaran akan kanker payudara. Kesadaran untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri dibutuhkan untuk langkah pencegahan kanker payudara/ilustrasi.
Foto: Republika
Pita pink menjadi simbol kesadaran akan kanker payudara. Kesadaran untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri dibutuhkan untuk langkah pencegahan kanker payudara/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Dokter spesialis penyakit dalam konsultan hemato-onkologi dr Jeffry Beta Tenggara, Sp.PD-KHOM, mengatakan USG payudara lebih diarahkan pada wanita berusia muda yakni sekitar 40 tahun ketimbang usia lanjut, salah satunya karena struktur payudara.

"Pada saat usia muda, kelenjar air susu atau payudara lebih banyak dibandingkan lemak sehingga USG (payudara) lebih valid hasilnya dibandingkan mammografi," ujar dia dalam konferensi pers memperingati hari Kanker Sedunia 2023.

Baca Juga

Jeffry yang tergabung dalam Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) itu menuturkan seiring usia, kelenjar air susu akan semakin berkurang dan digantikan lemak.

Oleh karena itu, mammografi disarankan pada wanita berusia 45 tahun ke atas, karena lebih baik untuk mendeteksi misalnya pengapuran atau tanda awal terbentuknya kanker pada payudara. Namun pada banyak kasus, dokter bisa menyarankan wanita melakukan pemeriksaan kombinasi antara USG dan mammografi, karena keduanya saling melengkapi. "Kalau ada kecurigaan suatu kanker tidak ada satupun pemeriksaan yang bisa menggantikan selain biopsi, baru tegakkan diagnosis kanker, baru penentuan stadium," ujar Jeffry.

Sementara pada wanita yang belum mencapai usia 40 tahun namun sudah mengalami masa pubertas, disarankan melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau Sadari. Sadari bisa dilakukan tujuh hingga 10 hari setelah wanita menstruasi untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

"Pegang sendiri (Sadari) ini yang paling mudah. Payudara berada di luar, berbeda dengan usus, paru itu di dalam. Artinya saat mandi, seharusnya setiap wanita bisa memegang sendiri, artinya bisa mendeteksi awal," tutur Jeffry.

Selain Sadari, para wanita juga dapat menjalani pemeriksaan payudara klinis untuk membantu menemukan benjolan dan tanda-tanda lain pada payudara sedini mungkin sehingga dapat dilakukan tindakan secepatnya.

Jeffry mengingatkan, kejadian kanker payudara saat ini tercatat dialami pada wanita berusia belasan tahun. Dia mengatakan, Sadari dan Sadanis tergolong pemeriksaan paling mudah yang dapat dilakukan para wanita yang sudah pubertas dan terutama bila ada riwayat kanker di keluarganya.

"Kalau ada riwayat (kanker payudara di keluarga) bisa meningkatkan kesadaran untuk lebih teliti mengenali diri sendiri terutama payudara. Kalau kita bisa temukan pada stadium yang awal, survival ratenya sangat tinggi dibandingkan dengan stadium empat," kata Jeffry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement