Rabu 08 Feb 2023 23:39 WIB

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api di Rumah

Ada beberapa langkah yang diperlukan untuk menggunakan alat pemadam api ringan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Relawan Damkar (Redkar) melakukan simulasi pemadaman api dengan Alat Pemadam Api Ringan (Apar)/ilustrasi
Foto: Edi Yusuf/Republika
Relawan Damkar (Redkar) melakukan simulasi pemadaman api dengan Alat Pemadam Api Ringan (Apar)/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Musibah kebakaran  dapat menyerang kapan saja dan di mana saja. Misalnya, kebakaran terjadi pada saat keluarga sedang tidur di malam hari. Untuk itu, memasang  alarm asap di tempat tinggal dan belajar menggunakan alat pemadam kebakaran merupakan dua ide yang bagus.

Dilansir dari Firetech Global (7/2/2023), ada beberapa  panduan untuk diikuti jika Anda berencana menggunakan alat pemadam api di rumah Anda. Berikut beberapa langkah yang diperlukan untuk menggunakan alat pemadam api.

Baca Juga

Pertama, tarik safety pin dari gagangnya. Anda tidak akan bisa menggunakan alat pemadam api jika Anda tidak menariknya keluar.

Kedua, arahkan mulut pipa ke bagian dasar api. Jangan mengenai bagian atas api.

Ketiga, pencet pelatuk pemadam api secara perlahan. Anda bisa mencukupkan tekanannya sehingga dapat mengontrol berapa banyak cairan yang keluar dari alat pemadam api.

Keempat, usap mulut pipa dari sisi ke sisi dengan tidak terlalu cepat atau lambat. Ingatlah untuk membidik bagian dasar api.

Seperti halnya alarm asap, alat pemadam api juga memerlukan pemeliharaan  yang tepat. Biasakan memeriksa alat pemadam api secara visual di rumah dan tempat kerja setidaknya sebulan sekali. Segel alat pemadam api harus utuh dan tidak rusak sama sekali.

Anda juga bisa meminta seorang profesional memeriksa alat pemadam api Anda setiap tahun. Terakhir, kosongkan dan isi ulang alat pemadam api Anda setiap enam tahun. Pastikan untuk berkonsultasi dengan profesional saat melakukan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement