Selasa 07 Feb 2023 20:49 WIB

5 Herbal untuk Atasi Nyeri Sendi

Nyeri sendi bisa terjadi akibat arthritis.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Bubuk kunyit. Dengan kandungan zat antiinflamasinya, kunyit termasuk herba yang direkomendasikan untuk meredakan nyeri sendi.
Foto: Flickr
Bubuk kunyit. Dengan kandungan zat antiinflamasinya, kunyit termasuk herba yang direkomendasikan untuk meredakan nyeri sendi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arthritis atau radang sendi merupakan kondisi peradangan yang terjadi pada satu atau beberapa sendi tubuh. Kondisi ini menyebabkan sendi menjadi bengkak, kaku, nyeri, atau bahkan sulit digerakkan.

Ahli gizi asal India, Lovneet Batra, mengatakan bahwa hidup dengan arthritis dan mengalami pembengkakan serta rasa sakit pada persendian bukanlah hal mudah. Kabar baiknya, perubahan pola makan bisa menjadi cara signifikan dalam mengurangi peradangan dan membantu mengelola penyakit ini.

Baca Juga

"Pembatasan gerakan dan rasa sakit yang tak tertahankan dapat membuat tugas sehari-hari menjadi sulit bagi penderita radang sendi," kata Batra, seperti dilansir India Today, Selasa (7/2/2023).

Batra kemudian menyebutkan lima jenis herbal yang bisa memberikan kenyamanan pada penderita radang sendi. Lima herbal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lidah buaya

Batra menjelaskan, lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi. Gel lidah buaya mengandung antrakuinon yang membantu meredakan radang sendi.

2. Kunyit

Kunyit bisa digunakan untuk mengobati nyeri sendi karena memiliki sifat antiinflamasi atau anti-peradangan. Sebuah studi menunjukkan bahwa curcumin, zat alami dalam kunyit, bisa memperbaiki kondisi orang-orang dengan osteoarthritis lutut.

3. Thyme

Memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba, daun ini biasanya dijadikan sebagai bumbu masak. Selain bermanfaat untuk mengatasi peradangan, daun thyme juga bisa mengendalikan tekanan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement