Rabu 08 Feb 2023 10:59 WIB

Keputihan tak Normal pada Wanita, 'Penampakannya' Berubah Jadi Seperti Ini

Ada beberapa infeksi yang menyebabkan 'penampakan' keputihan jadi tak normal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda keputihan yang tidak normal. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Tanda keputihan yang tidak normal. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keputihan merupakan proses alami dan normal yang dialami wanita. Namun, setiap perubahan pada keputihan bisa menjadi tanda infeksi. Biasanya, keputihan tampak bening, putih, atau seperti cairan putih pudar, dan terdiri atas sel serta bakteri.

“Keputihan seperti itu punya peran di leher rahim dan vagina karena membantu membersihkan area-area ini dan menghilangkan bakteri," kata seorang dokter kandungan dan ginekolog, dr Jagriti Varshney, dikutip dari Indian Express, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga

Namun, dr Varshney mengatakan ada karakteristik terpisah untuk keputihan normal dan abnormal. Perhatikan perubahan seperti dari tekstur, bau, warna, dan jumlah keputihan karena itu dapat mengindikasikan adanya masalah.

Keputihan yang normal biasanya berbentuk cairan yang encer, bening, tidak berbau, tidak menimbulkan rasa gatal atau iritasi, dan biasanya terjadi dua pekan sebelum menstruasi saat ovulasi terjadi. Namun, jumlah yang keluar dapat meningkat jika seseorang, misalnya, mengonsumsi pil kontrasepsi oral.