Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nadiya syfr

Apakah Seorang Introvert Tidak Mudah Bergaul?

Edukasi | Wednesday, 08 Feb 2023, 13:04 WIB

Apakah Seorang Introvert Merupakan Seorang yang Tidak Mudah Bergaul?
Oleh Nadiya Alya Syafira

Introvert merupakan salah satu kategori kepribadian, penyebab introvert sendiri adalah dua faktor utama yaitu gen dan lingkungan. Susunan genetik dan sifat yang diwarisi orangtua kandung dapat menentukan seorang introvert atau sebaliknya, serta faktor lingkungan juga memiliki dampak penting dari penyebab introvert, seperti pengalaman teman sebaya maupun pengalaman hidup terutama di masa kecil. Orang yang memiliki kepribadian introvert sering dianggap orang yang menyukai kesendirian, dan orang introvert memiliki kepribadian yang berfokus pada pikiran dan perasaannya sendiri. Tetapi apakah karena statement diatas dapat membuat orang yang memiliki kepribadian introvert menjadi orang yang tidak mudah bergaul?

Orang yang memiliki kepribadian introvert sebenarnya bukan orang yang tidak suka bergaul, introvert bisa bersosialisasi dan berteman, tetapi setelah itu dia perlu waktu untuk mengembalikan atau men-charge energinya, seorang introvert mudah lelah ketika berinteraksi sosial, baik secara fisik maupun mental.
Dikutip dari Healthline, ada beberapa ciri-ciri seseorang dapat dikatakan introvert, o Waktu luang banyak sendiri Seorang introvert lebih memilih untuk menghabiskan waktu di rumah, karena hal tersebut sangat menyenangkan untuk beristirahat dan menikmati hobi yang tenang sendirian. o Lelah karena sering bersosialisasi Seorang introvert sebenarnya bukan membenci interaksi sosial, seseorang mungkin merasa Lelah karena terlalu sering berinteraksi.

Suka bekerja sendiri Ciri introvert yaitu lebih antusias bekerja sendiri dibandingkan bekerja dalam kelompok, bukan karena kesulitan bergaul atau mungkin lebih mudah berkonsentrasi saat bekerja sendiri. o Lebih suka lingkaran teman dekat Banyak seorang introvert yang hanya memiliki lingkaran teman yang kecil, bukan karena tidak dapat berteman, penelitian juga menunjukkan bahwa hubungan berkualitas tinggi memainkan peranutama dan kebahagiaan bagi para introvert.

Seorang introvert juga dikenal sebagai orang yang cuek terhadap orang dan lingkungan sekitar, padahal sebenarnya ada beberapa hal yang tidak kita ketahui dari seorang introvert yaitu sisi kelebihan dan sisi kekurangannya, berikut kelebihan dan kekurangan introvert yang dilansir dari merdeka.com:

Kelebihan Introvert

  1. Dapat menjadi pendengar yang baik.
  2. Memiliki perhatian yang cukup tinggi dengan orang lain.
  3. Cenderung menghabiskan banyak waktu untuk mengamati sehingga bisa memahami orang lain dengan baik.
  4. Cenderung berpikir sebelum berbicara agar tidak mengatakan sesuatu yang menyakitkan atau buruk kepada orang lain.

Kekurangan Introvert

  1. Sering canggung dalam lingkungan sosial.
  2. Sering memendam perasaan negatif.
  3. Sering memikirkan emosi yang tidak diinginkan.
  4. Seorang introvert sering mendapat kesan yang buruk, hal ini disebabkan karena sikapnya yang sulit atau tidak asyik saat diajak berbicara.

Yang terakhir, ada beberapa fakta unik yang dimiliki oleh seorang introvert, mari simak fakta uniknya! o Memiliki pola pikir yang kritis. o Bukan seorang penyendiri, melainkan penikmat ketenangan. Tidak menutup diri, hanya saja lebih memilih kualitas pertemanan. o Seorang introvert sangat menjunjung tinggi arti privasi.

 

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image