Rabu 08 Feb 2023 16:59 WIB

Terbelit Kasus Pelecehan Seksual, Aktor Squid Game Oh Yeong-su Akui Perangainya Buruk

Oh Yeong-su terkenal sebagai pemain Squid Game.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Oh Yeong-su saat memerankan karakter Il-nam di serial Squid Game. Ia tengah disidang untuk kasus dugaan pelecehan seksual yang terjadi pada 2007.
Foto: Netflix
Oh Yeong-su saat memerankan karakter Il-nam di serial Squid Game. Ia tengah disidang untuk kasus dugaan pelecehan seksual yang terjadi pada 2007.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang serial Squid Game O Yeong-su alias Oh Yeong-su tampaknya mengakui beberapa kesalahan ketika dia berbicara kepada pers saat memasuki ruang sidang di Seoul, Korea Selatan pada Jumat (3/2/2023). Itu adalah hari pertama persidangannya dalam kasus pelecehan seksual.

"Saya minta maaf. Saya pikir saya dulu berperilaku buruk," kata aktor 78 tahun itu berkata kepada sekelompok wartawan.

Baca Juga

Veteran di panggung dan film itu didakwa oleh jaksa setempat pada November 2022 karena diduga menyentuh seorang aktris muda secara tidak pantas ketika keduanya sedang tur untuk sebuah drama pada tahun 2007. Dilansir The Hollywood Reporter, Rabu (8/2/2023), laporan polisi mengatakan bahwa O berusaha memeluk wanita tak dikenal itu dengan paksa dan mencium pipinya saat mereka berjalan-jalan bersama.

O yang terkenal sebagai Il-Nam di serial hit Netflix Squid Game ini telah mengakui bahwa dia memegang tangan korban, tetapi menyangkal telah terjadi penyerangan tidak senonoh. Tuduhan tersebut awalnya diajukan pada tahun 2021, tetapi polisi membatalkan kasus tersebut karena kurangnya bukti.

Belakangan, jaksa membuka kembali penyelidikan setelah korban mengajukan banding. Pengacara korban menolak berkomentar untuk wawancara dengan reporter The Hollywood Reporter, tetapi pengacara sebelumnya mengatakan korban berusia 22 tahun pada saat kejahatan itu terjadi. Korban juga adalah anggota junior dari perusahaan teater, di mana O membintangi sebuah drama.

"O mengakui kesalahannya saat korban meminta sebuah permintaan maaf, tapi dia membantah dakwaan selama penyelidikan, dan gagal menunjukkan penyesalan atas tindakannya," kata pengacara dalam pernyataan awal kepada pers.

Menurut laporan pers lokal, pengacara korban mengatakan di pengadilan pada Jumat (3/2/2023) bahwa perempuan muda tersebut memutuskan untuk mengambil langkah pidana setelah berjuang selama bertahun-tahun dengan trauma saat menonton O. Apalagi, O sering muncul di media setelah Squid Game menjadi sensasi global.

Pada Januari 2022, ketenaran aktor mencapai kesuksesan yang lebih ketika dia memenangkan Golden Globe untuk Aktor Pendukung Terbaik untuk penampilannya di Squid Game. Ini prestasi pertama untuk pemain film Korea.

Korban dilaporkan mengajukan kasus ini kepada polisi dan pengadilan  dengan bukti percakapan teksnya dengan O serta rincian riwayat medisnya, termasuk perawatan psikiatris yang dia jalani setelah insiden yang dituduhkan itu. O sebelumnya mengklaim dalam sebuah wawancara dengan JTBC, lembaga penyiaran lokal yang awalnya mengungkap tuduhan korban kepada publik, bahwa dia hanya memegang tangan korban untuk membimbingnya saat mereka berjalan-jalan di sekitar danau.

O mengaku telah meminta maaf, namun bukan sebagai pengakuan bersalah. Korban mengatakan dia tidak akan mempermasalahkan jika dia mengatakan dia menyesal.

"Kami memberi dukungan hukum untuk korban dan akan terus mengikuti persidangan O," kata juru bicara Korea Women Link, sebuah organisasi wanita yang berbasis di Seoul, kepada The Hollywood Reporter.

"Karena persidangan tertunda, kami tidak dapat membahas lebih lanjut tentang rincian tuduhan tersebut."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement