Kamis 09 Feb 2023 16:20 WIB

Tip Merawat Kucing Rumahan, Perhatikan Mainan Hingga Tempat Tidurnya

Kucing rumahan cenderung lebih suka tinggal di tempat yang tidak membuatnya stres.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Seekor kucing berada di dalam kandang di tempat penitipan hewan Cat Locus, Jalan Sukahaji, Sukasari, Kota Bandung./ilustrasi
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Seekor kucing berada di dalam kandang di tempat penitipan hewan Cat Locus, Jalan Sukahaji, Sukasari, Kota Bandung./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Beberapa figur publik mulai memperlihatkan sebuah ruangan besar yang diperuntukkan bagi kucing peliharaan mereka. Sebut saja Nagita Slavina, Ria Ricis, dan Baim Wong, yang memiliki ruangan kucing tersendiri bahkan cukup luas dan nyaman.

Tetapi, ruangan kucing ini juga sudah dimiliki oleh kalangan tertentu hingga dibuat sedemikian rupa agar kucing merasa nyaman. Tujuannya agar kucing memiliki waktu luang terbaik mereka dan tidak merasa bosan.

Baca Juga

Semua kucing berbeda, tetapi kucing rumahan cenderung lebih suka tinggal di tempat yang tidak membuatnya stres. Dalam keadaan seperti ini, tentunya kucing membutuhkan majikan yang andal dalam merawat mereka.

Jika kita suka memiliki kucing namun harus menjalani aktivtas harian yang padat, memilih pengasuh kucing atau menitipkan di cattery juga bisa jadi alternatif.

Bagaimana cara membuat ruangan kucing yang layak di rumah? 

Pertama, pastikan ada pintu ganda atau pintu keselamatan untuk ruangan kucing, agar kucing tidak melarikan diri atau menghilang.

Selain itu, ruangan juga harus memiliki space besar agar kucing bisa bergerak lebih leluasa, serta memiliki sistem aliran udara satu arah, yang mengarahkan aliran udara segar ke setiap ruangan dan menariknya keluar melalui lubang pembuangan.

Dalam laman website Brisbane Cat Motel menyebut hal itu harus dilakukan untuk memastikan risiko infeksi kucing (misalnya flu kucing) bisa diminimalisir dan kucing dapat menikmati lingkungan yang bebas bau.

Lalu buatlah ruangan yang mudah untuk dibersihkan, baik itu membersihkan tempat bermain maupun tempat bersantainya. Tak lupa juga mangkuk makanan dan air serta baki sampah, yang harus selalu bersih dan rapi.

Berikut adalah beberapa item yang perlu diperhatikan dalam mempernyaman ruangan kucing, dilansir dari Veranda:

1. Mangkuk

Percaya atau tidak, kucing kerap merasa lelah dengan kumisnya dan bentuk mangkuk makannya sangat mempengaruhi hal itu. Pilih mangkuk yang dirancang untuk mengakomodasi profil wajah kucing dan berdiri pada ketinggian yang sempurna, sehingga dapat memastikan kumisnya tidak pernah lelah.

 

2. Tempat Tidur

Kucing mana pun pasti akan bermimpi indah di ruangan kucing yang menawan dan nyaman. Misalnya dengan membuat tempat tidur berbentuk rumah-rumahan kecil, dengan jendela yang memanjang untuk memungkinkan sinar matahari masuk ke dalamnya.

 

3. Menara Pencakar

Semua orang pasti menyadari bahwa kucing kerap mencakar-cakarkan kukunya di beberapa tempat, biasanya di sofa. Penting untuk membuat menara pencakar dalam ruangan kucing untuk menjadi sarana mereka hinggap dan mencakar.

 

4. Mainan

Anak kucing biasanya senang menggelindingkan sesuatu yang berbentuk bola, sehingga menaruh mainan trek bola klasik pada ruangan kucing akan membuat mereka bahagia. Selain itu, mainan berbahan kain juga akan membuat mereka senang ketika menggigit-gigitnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement