Jumat 10 Feb 2023 06:38 WIB

Polres Tasikmalaya Minta Korban Asusila Dosen di Tasikmalaya Melapor

Terduga pelaku dinonaktifkan sebagai dosen selama menjalanii proses penyelidikan.

Red: Agus raharjo
Ilustrasi Pencabulan
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Pencabulan

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA--Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota siap menyelidiki kasus dugaan asusila seorang dosen pada mahasiswi Universitas Siliwangi (Unsil) Negeri Tasikmalaya, Jawa Barat. Kepolisian meminta kerja sama dengan korban maupun kampus untuk melaporkannya secara resmi ke polisi.

"Akan melakukan penyelidikan dengan viralnya kasus tersebut," kata Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota, AKBP Aszhari Kurniawan melalui siaran pers di Tasikmalaya, Kamis (9/2/2023).

Baca Juga

Ia menuturkan kepolisian saat ini masih menunggu laporan dari korban maupun Unsil Tasikmalaya untuk melaporkan kasus dugaan asusila oleh dosen terhadap mahasiswi. Setelah ada laporan resmi, kata dia, maka kepolisian akan bergerak untuk memroses hukum terkait kasus tersebut.

"Memersilakan membuat laporannya ke Polres Taskot untuk diproses hukum," katanya.

Kasus seorang dosen yang diduga melakukan perbuatan asusila terhadap mahasiswi sudah mendapatkan perhatian dari Unsil Tasikmalaya. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unsil, Gumilar Mulya membenarkan adanya kasus dugaan tersebut, dan dosen yang bersangkutan inisial EDH sudah dinonaktifkan sebagai dosen selama menjalani proses penyelidikan internal.

Unsil Tasikmalaya, kata dia, sudah membentuk Satuan Tugas Penanggulangan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) untuk kasus tersebut. Unsil juga membuka posko pengaduan bagi mahasiswi maupun pihak luar yang menjadi korban untuk melaporkannya ke Satgas PPKS.

Ia mengungkapkan sejumlah laporan korban membenarkan adanya perbuatan terlapor inisial EDH yang mengarah pada tindakan asusila terhadap sejumlah mahasiswi. Unsil Tasikmalaya juga sudah melaporkan kasus itu ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement