Madiun Tuan Rumah Kontes Koi Nasional, Dorong Ekonomi Daerah

Red: Yusuf Assidiq

Peserta mengamati ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) peliharaannya yang akan dilombakan dalam Kontes Ikan Koi Nasional  (ilustrasi)
Peserta mengamati ikan koi (Cyprinus rubrofuscus) peliharaannya yang akan dilombakan dalam Kontes Ikan Koi Nasional (ilustrasi) | Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA MADIUN -- Wali Kota Madiun Maidi mengapresiasi kontes koi tingkat nasional yang digelar komunitas pencinta ikan koi bekerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun. Kegiatan ini untuk menggerakkan perekonomian daerah setempat.

"Saya berterima kasih sekali karena kontes koi tingkat nasional bisa kembali digelar di Kota Madiun. Agenda ini tentu mendongkrak kegiatan ekonomi di Kota Madiun," ujar Wali Kota Maidi saat membuka kontes koi nasional bertajuk Wali Kota Cup Pendekar Koi Show Madiun di GOR Wilis Kota Madiun.

Dikatakan, saat ini ikan koi merupakan hobi sebagian masyarakat, tak hanya Kota Madiun namun juga nasional. Momentum kontes tingkat nasional itu bisa menjadi daya tarik bagi Kota Madiun.

Wali Kota berharap, kegiatan semacam itu bisa dilakukan secara rutin sehingga masuk dalam calender of event Kota Madiun. Ia menambahkan, keindahan corak ikan koi juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Khususnya para pencinta ikan hias dari berbagai daerah untuk berkunjung ke Kota Madiun. "Tentunya hal ini menjadi daya tarik wisata sehingga akan mampu mendorong peningkatan perekonomian," kata dia.

Ketua Panitia Wali Kota Cup Pendekar Koi Show Madiun Dafitra Alkhoiri mengatakan kontes tingkat nasional tersebut merupakan yang kedua kali digelar di Kota Madiun. Kontes serupa pernah dihelat sebelum pandemi Covid-19 pada Februari 2019.

"Kontes kali ini diikuti 1.032 ekor ikan koi dari ratusan pemilik di Tanah Air. Peserta ada yang dari Jakarta, kota-kota di Jatim, sampai Bali. Ini memang skala nasional," ujarnya.

Ia menambahkan kontes terbagi dalam lima kelas. Pembagian kelas berdasar jenis atau varietas ikan koi itu sendiri, misalnya, di kelas A terdiri dari ikan koi jenis showa, kohaku, dan sanke.

Selanjutnya masih ada kelas lain untuk jenis tancho, shiro utsuri, dan lain sebagainya. Dafit menyebut antusias peserta juga luar biasa. 

Tak hanya merebutkan juara di setiap kelas dan kategorinya, juga akan memperebutkan juara umum serta grand champion. "Untuk yang grand champion jenis grade A (harganya) bisa tembus sampai Rp 500 juta," ujar dia.

Selain berdasar jenis ikan, dalam kontes tersebut juga terdapat kategori dari ukuran ikan, yakni, mulai dari panjang 12 sampai 70 centimeter. Adapun kriteria penilaian mulai dari keindahan, bentuk badan, corak, dan lain sebagainya.

"Prinsipnya kami ingin semakin menggeliatkan penghobi ikan koi, khususnya di Kota Madiun dan juga Tanah Air pada umumnya," katanya. Wali Kota Cup Pendekar Koi Show Madiun digelar dua hari,  11-12 Februari 2023.

 

Terkait


Kota Madiun Ditunjuk BKKBN Jadi Daerah Kunjungan Delegasi Kenya

Gaungkan Ikan Koi, Sukabumi Gelar Kontes Breeder Koi Nasional

Pemkot Madiun Bagikan 8.100 Bibit Cabai Wujudkan Ketahanan Pangan

Sultan HB X Apresiasi Pengembangan Budaya Seni Mataraman di Madiun

UMM Kini Miliki CoE Khusus Ikan Koi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark