Ahad 12 Feb 2023 16:55 WIB

Cara Agar Masakan Tetap Enak Meski Takaran Garam Dikurangi

Batas konsumsi garam per orang sebanyak lima gram per hari.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Garam. Mengurangi takaran garam dapat mengurangi rasa masakan. Namun ada cara agar masakan tetap enak meski takaran garam dikurangi. (llustrasi)
Foto: www.freepik.com
Garam. Mengurangi takaran garam dapat mengurangi rasa masakan. Namun ada cara agar masakan tetap enak meski takaran garam dikurangi. (llustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angka kejadian hipertensi atau darah tinggi di Indonesia semakin tinggi. Hal ini harus dicegah, salah satunya dengan mengurangi garam.

Namun ketika memasak, pengurangan jumlah garam akan memengaruhi rasa masakan. Bagaimana caranya agar masakan tetap enak dengan minim garam?

Baca Juga

Product and Nutrition Manager, Public Relations PT Ajinomoto Indonesia, Katarina Larasati mengatakan, Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan batas konsumsi garam sebanyak lima gram per hari atau satu sendok makan. Jika kelebihan konsumsi garam, akan menyebabkan hipertensi, sebab garam mengandung natrium yang tinggi. Jadi kita harus mengurangi natrium.

Dia mengatakan, sebenarnya yang lebih membahayakan lagi adalah komplikasi hipertensi. "Jika tidak terkontrol, maka hipertensi bisa sebabkan gagal ginjal, strok, diabetes, dan serangan jantung," ujarnya dalam acara Hari Pers Nasional 2023, Lebih Dekat dengan Health Provider Ajinomoto, di Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (9/2/2023).