Ahad 12 Feb 2023 20:54 WIB

BPBD Garut: 511 Rumah Rusak Akibat Gempa Diusulkan Dapat Bantuan

BPBD Garut sebut sebanyak 511 rumah rusak akibat gempa diusulkan dapat bantuan.

Red: Bilal Ramadhan
Polisi meninjau keretakan rumah yang makin parah akibat gempa. BPBD Garut sebut sebanyak 511 rumah rusak akibat gempa diusulkan dapat bantuan.
Foto: Dok. Humas Polres Ciamis
Polisi meninjau keretakan rumah yang makin parah akibat gempa. BPBD Garut sebut sebanyak 511 rumah rusak akibat gempa diusulkan dapat bantuan.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat menetapkan sebanyak 511 rumah rusak akibat gempa aktivitas Sesar Garsela di Kecamatan Samarang dan Pasirwangi, selanjutnya diusulkan mendapatkan bantuan perbaikan rumah dari pemerintah daerah.

"Tercatat hasil asesmen di lapangan itu jumlahnya jadi 511, rusak ringan, sedang, dan berat," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, Satria Budi di Garut, Ahad (12/2/2023).

Ia menuturkan, Pemkab Garut telah menerjunkan sejumlah petugas dari dinas terkait untuk menanggulangi daerah yang terdampak bencana alam gempa bumi di Kecamatan Pasirwangi dan Samarang pada 1 Februari 2023.

Hasil dari pengecekan di lapangan itu, kata dia, jumlah kerusakan rumah warga di dua kecamatan sebanyak 511 rumah, yang selanjutnya akan diusulkan mendapatkan bantuan untuk perbaikan rumah disesuaikan dengan kemampuan APBD.

"Setelah didata, rencana selanjutnya mengajukan untuk perbaikan, dan tentunya dilihat dari kemampuan APBD," katanya.

Terkait adanya usulan bantuan dari mulai Rp 2,5 juta sampai Rp 5 juta per rumah, kata dia, besaran itu masih bentuk usulan dalam pembahasan, dan belum ditetapkan karena saat ini perhitungannya masih dinilai oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Garut.

Ia mengungkapkan pemerintah juga menyiapkan bentuk bantuan lain berupa memberikan material bangunan yang tersedia di Dinas Perumahan dan Permukiman untuk rumah yang kondisinya rusak ringan.

"Jadi nanti bisa juga bantuan pengadaan barang bahan material bangunan untuk yang rusak ringan," katanya.

Terkait kondisi masyarakat saat ini di daerah terdampak gempa, kata Satria, sudah normal, dan masyarakat melakukan aktivitas seperti biasa. "Masyarakat sudah beraktivitas biasa, bahkan di hari pertama," katanya.

Sebelumnya, gempa bumi aktivitas Sesar Garsela berkekuatan Magnitudo 4,3 mengguncang wilayah Garut yang menyebabkan kerusakan rumah warga di daerah perbukitan Kecamatan Pasirwangi dan Samarang.

Gempa yang terjadi 1 Februari 2023 malam hari itu hanya menyebabkan kerugian materi akibat rumah yang rusak, sedangkan korban jiwa tidak ada.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement