Senin 13 Feb 2023 14:15 WIB

Pembangunan Museum Rasulullah Masjid Al Jabar Bandung Rampung

Masjid Al Jabar saat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Bandung.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nora Azizah
Ratusan wisatawan memadati Masjid Al Jabbar di Cimincrang, Gedebage, Kota Bandung.
Foto: Republika.co.id/Muhammad Fauzi Ridwan
Ratusan wisatawan memadati Masjid Al Jabbar di Cimincrang, Gedebage, Kota Bandung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pembangunan museum Rasulullah di Masjid Al Jabar akhirnya selesai. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, untuk museum atau galeri rasulullah dan sejarah Islam juga sudah siap. 

Bahkan, ada kemungkinan presiden ingin berkunjung. Ia juga bersyukur Masjid Al Jabbar selalu penuh.

Baca Juga

"Alhamdulillah Al Jabbar selalu penuh. Lebih baik penuh daripada kosong," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, di Gedung Sate, Senin (13/2/2023).

Emil menjelaskan, tentu pengelolaan Masjid Al Jabbar harus benar-benar dipikirkan. Karena, antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Jadi, pihaknya terus mengupayakan ketertiban, khususnya pedagang kaki lima (PKL) yang memang tidak mudah.

"Karena mayoritas PKL ini ternyata bukan warga setempat, tapi dari mana-mana. Kami sedang lakukan evaluasi dan kelihatannya kita nanti akan ada beberapa tindakan-tindakan yang memadai," katanya.

Menurut Emil, pihaknya kemungkinan akan membuat gerbang seperti usulan Pemkot Bandung dan upaya lainnya. Tapi sementara, kondisi masih aman terkendali. Begitu juga, perilaku nyampah sudah berkurang. 

"Karena tempat-tempat sampah sudah banyak disediakan dengan baik, edukasi terus dilakukan. Sampai suatu hari Insya Allah masjid kebanggaan kita akan tertib ramai bersih sesuai tempat yang seharusnya," katanya.

"Saya dengar dari seluruh Indonesia sekarang dijadikan destinasi utama kalau ke Jawa Barat, yaitu mengunjungi masjid Al Jabbar dan banyak perbaikan-perbaikan," tambah Emil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement