REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan pembiayaan kendaraan bermotor yang merupakan anak usaha Bank Mandiri, Mandiri Tunas Finance (MTF), memperkenalkan layanan digitalisasi MTF Digital Service yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pengambilan BPKB secara mandiri melalui vending machine document.
Deputi Direktur MTF Perana Citra Ketaren mengatakan, layanan digital ini dihadirkan sebagai bentuk komitmen MTF untuk memberikan pelayanan terbaik dan memenuhi kepuasan kepada pelanggan. MTF akan melakukan grand launching layanan ini pada 20 Februari 2023 dan sejak tanggal tersebut pelanggan bisa menikmati berbagai fitur yang disediakan di MTF Digital Service.
"MTF memang salah satu pemain besar di Indonesia, harus go digital dengan persaingan dan industri semakin meningkat pesat, dan permintaan dari customer kami juga meningkat pesat," kata Citra saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (14/2/2023).
Selama ini, menurut Citra, pelanggan harus datang secara tatap muka untuk bisa mendapat pelayanan MTF di kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Mengingat keterbatasan tersebut, kini MTF pun menyediakan solusi digital untuk memudahkan pelanggan sehingga layanan dapat diakses kapan pun dan di mana pun.
Proses booking dan pengambilan BPKB dapat dilakukan melalui aplikasi MTF Mobile. Kemudian, kode QR akan dikirimkan kepada pelanggan melalui WhatsApp ataupun surel. Di tempat yang telah ditentukan yang tersedia vending machine, pelanggan hanya perlu melakukan scan QR code untuk mengambil BPKB.
"Pelanggan hanya perlu menunjukkan kode QR-nya dari vending machine yang memang sudah disiapkan secara prima, keamanannya juga tentunya sesuai standar," kata Citra.
Untuk saat ini, vending machine akan mulai tersedia di cabang-cabang MTF di Jakarta. Secara bertahap hingga akhir tahun ini, vending machine BPKB tersebut akan tersedia di berbagai wilayah di Indonesia.
Selain booking dan pengambilan BPKB, aplikasi MTF Mobile juga memungkinkan pelanggan untuk mengakses berbagai layanan lainnya secara mudah. Antara lain pembayaran, pelunasan dipercepat, klaim asuransi, serta detail informasi kontrak dan polis.
"Banyak sekali pelanggan kami menanyakan angsuran saya tanggal berapa, sudah angsuran ke berapa, saya bisa melunasi kapan ambil BPKB, lalu mau klaim asuransi itu harus bagaimana. Itu semuanya sudah terjawab (di aplikasi). Bahkan ke customer care pun, dia langsung terkoneksi secara otomatis dari Digital Service yang sudah kita siapkan secara mobile," kata Citra.
Dia juga memastikan bahwa layanan digitalisasi yang dihadirkan MTF, termasuk layanan vending machine dan mobile, telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang kuat dan sesuai dengan standar sehingga pelanggan tak perlu merasa khawatir.
"Dari sisi keamanan juga kita sudah siapkan. Ini dalam proses kita akan sertifikasi ISO 27001. Jadi, untuk level kemanan kita akan disempurnakan dengan ISO," kata Citra.