Rabu 15 Feb 2023 11:33 WIB

Instagram Bakal Singkirkan Fitur Belanja Langsung?

Tab belanja telah hilang dari Feed beranda Instagram pada bulan Februari.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Instagram mengumumkan tidak mengizinkan lagi kreator untuk menandai produk di layanan siaran langsung mulai Maret nanti.
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Instagram mengumumkan tidak mengizinkan lagi kreator untuk menandai produk di layanan siaran langsung mulai Maret nanti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Instagram mengumumkan tidak mengizinkan lagi kreator untuk menandai produk di layanan siaran langsung mulai Maret nanti. “Mulai 16 Maret 2023, Anda tidak dapat menandai produk dalam siaran langsung di Instagram. Perubahan ini akan membantu kami fokus pada produk dan fitur yang memberikan nilai lebih bagi pengguna kami,” kata Instagram dalam halaman dukungan, dikutip The Verge, Rabu (15/2/2023).

Perubahan tersebut menandai langkah besar Meta selanjutnya dari fitur belanja langsung. Perusahaan menghapus tab belanja dari Feed beranda Instagram pada bulan Februari dan menutup belanja langsung di Facebook pada bulan Oktober. Namun, toko-toko di Instagram tidak sepenuhnya hilang.

Baca Juga

“Anda masih dapat menyiapkan dan menjalankan toko Anda di Instagram karena kami terus berinvestasi dalam pengalaman berbelanja untuk orang dan brand di Feed, Stories, Reels, iklan, dan lainnya,” kata Instagram.

Banyak perusahaan teknologi telah berinvestasi dalam fitur belanja langsung seperti QVC menyusul popularitas besar belanja langsung di Cina. Namun, untuk sementara, Meta mundur di saat platform sosial lain masih mengerjakan fitur belanja.

Saingannya, TikTok mulai menguji fitur belanja dalam aplikasinya di Amerika Serikat (AS) pada November lalu. TikTok juga dilaporkan sedang mengerjakan belanja langsung di AS. Sedangkan YouTube memungkinkan kreator menjual produk langsung di platform berkat kemitraan dengan Shopify dan platform belanja Amazon memiliki banyak siaran langsung yang dapat Anda tonton sekarang. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍۘ مِنْهُمْ مَّنْ كَلَّمَ اللّٰهُ وَرَفَعَ بَعْضَهُمْ دَرَجٰتٍۗ وَاٰتَيْنَا عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنٰتِ وَاَيَّدْنٰهُ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلَ الَّذِيْنَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ وَلٰكِنِ اخْتَلَفُوْا فَمِنْهُمْ مَّنْ اٰمَنَ وَمِنْهُمْ مَّنْ كَفَرَ ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلُوْاۗ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يُرِيْدُ ࣖ
Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka dari sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang (langsung) Allah berfirman dengannya dan sebagian lagi ada yang ditinggikan-Nya beberapa derajat. Dan Kami beri Isa putra Maryam beberapa mukjizat dan Kami perkuat dia dengan Rohulkudus. Kalau Allah menghendaki, niscaya orang-orang setelah mereka tidak akan berbunuh-bunuhan, setelah bukti-bukti sampai kepada mereka. Tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) yang kafir. Kalau Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Tetapi Allah berbuat menurut kehendak-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 253)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement