Kamis 16 Feb 2023 05:58 WIB

Ini Dia 5 Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

Beberapa jurusan dianggap cepat mendapat pekerjaan setelah lulus.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Setelah wisuda, para lulusan baru tentu berharap cepat mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa jurusan yang diperkirakan mudah memperoleh kerja setelah lulus. (ilustrasi)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Setelah wisuda, para lulusan baru tentu berharap cepat mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa jurusan yang diperkirakan mudah memperoleh kerja setelah lulus. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Memilih jurusan kuliah boleh jadi gampang-gampang susah. Ada yang sudah tahu keinginan untuk menekuni bidang tertentu, sebaliknya, masing kebingungan menentukan jurusan yang akan dipilih. Tetapi banyak pula orang yang memilih jurusan karena dianggap terbilang mudah untuk mendapat pekerjaan setelah lulus. Berikut lima jurusan kuliah yang dinilai tergolong masih banyak dibutuhkan di dunia kerja pada 2023 yang dirangkum dari berbagai sumber.

1.Akuntansi/Keuangan

Baca Juga

Lulusan akuntansi atau seputar keuangan, banyak dibutuhkan di dunia kerja. Rata-rata lowongan pekerjaan kerap dibanjiri dengan posisi akuntan ataupun administrasi. Jurusan akuntansi mempelajari bagaimana catatan keuangan perusahaan disiapkan dan dipelihara. Bidang ini juga mengatur perpajakan, audit, dan pelaporan keuangan.

 

2. Teknik Informatika/Komputer

Jurusan Teknik Informatika memberikan pelajaran tentang prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (Software), dan kinerja komputer. Lulusan jurusan ini banyak dicari, mengingat adaptasi teknologi yang kian masif.

 

3. Ilmu Komunikasi

Di jurusan Ilmu Komunikasi, mahasiswa akan dibekali tentang proses penyampaian pesan secara efektif agar dapat diterima dan dipahami oleh khalayak. Selain itu, jurusan Ilmu Komunikasi mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, seperti antar individu, kelompok, media, budaya, dan lain sebagainya. Tak heran jika lulusan yang memiliki kemampuan menulis maupun tampil di depan umum ini cukup mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan.

 

4. Teknik Industri

Lulusan Teknik Industri dapat bekerja di bagian analisis, perencana dan pengelola sistem distribusi, manajemen sumber daya manusia, pengendalian kualitas dan produksi, konsultasi manajemen, brand manager hingga konsultasi sistem informasi

 

5. Kesehatan

Bidang kesehatan bisa mencakup kedokteran, keperawatan maupun apoteker. Tenaga kesehatan sangat dibutuhkan baik untuk instansi pemerintah maupun swasta. Beberapa jurusan kesehatan yang populer, antara lain, Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Farmasi dan Bioteknologi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement