Advertisement
Advertisement

In Picture: HUT ke-99 Tahun, Klub Foto PAF Ziarahi Makam Wolff Schoemaker

Rabu 15 Feb 2023 19:16 WIB

Red: Yogi Ardhi

Arsitek landmark Bandung ini mendirikan Preanger Amateur Fotograafen (PAF) pada 1924.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Klub penggemar fotografi Perhimpunan Amatir Fotografi (PAF) Bandung merayakan hari jadi ke-99, Rabu (15/2/2023). Peringatan hari jadi ini diiisi dengan berziarah ke makam salah satu pendiri PAF  yakni Prof Charles Prosper Wolff Schoemaker.

Kepanjangan nama klub foto PAF dulu bernama Preanger Amateur Fotograafen (PAF) Vereeniging berdiri pada tanggal 15 Februari 1924. Didirikan oleh Wolff Schoemaker bersama sejumlah warga Belanda lainnya 

Schoemaker adalah seorang arsitek kenamaan di Hindia-Belanda pada awal abad ke-19. Karya-karya arsitektur art deco-nya identik dengan wajah Kota Bandung saat itu. Bahkan hingga sekarang.

 

Sejumlah gedung landmark di Kota Bandung merupakan karya sang Meneer Schoemaker. Gedung-gedung seperti Grand Hotel Panghegar, Gedung Rektorat Universitas Pendidikan Indonesia (Villa Isola), Gedung Merdeka (Gedung Sociteit Concordia), Gedung PLN, Observatorium Bosscha, Gereja Katedral St Peter, hingga Mesjid Raya Cipaganti pun dirancang oleh pria yang memiliki nama muslim Kemal ini.

Awal tahun 1970 PAF menginisiasi pembentukan federasi fotografi Indonesia dan agar terdaftar di FIAP (International Federation of Photographic Art (FIAP) Fédération Internationale de l'Art Photographique. Organisasi dunia yang membawahi federasi fotografi tiap negara di dunia. Seperti diketahui keberadaan FIAP di dunia Salon Foto ini mirip dengan FIFA dan PSSI-nya sekarang ini di dunia sepakbola.

Pada 1973 PAF bersama sejumlah klub fotografi tanah air sepakat membentukl federasi perkumpulan foto tingkat nasional yang diberi nama Federasi Perkumpulan Seni Foto Indonesia (FPSI) atau Federation of Photographic Societies of Indonesia.

 

 

Sumber : Dok PAF Bandung
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Ikuti Berita Republika Lainnya