Kamis 23 Feb 2023 04:18 WIB

Kiat Kenalkan Cara Mengelola Uang untuk Anak-Anak

Anak-anak belajar mengatur uang saku yang diberikan oleh orang tua.

Red: Natalia Endah Hapsari
Edukasi tentang nilai uang dapat diberikan pada anak mulai dari saat mereka berada di usia sekolah dasar.  (ilustrasi)
Foto: Arab News
Edukasi tentang nilai uang dapat diberikan pada anak mulai dari saat mereka berada di usia sekolah dasar. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Psikolog anak dari Universitas Indonesia Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi membagikan kiat dan langkah-langkah yang harus dilakukan orang tua untuk mengenalkan pengelolaan keuangan kepada anak-anak sejak dini.

''Untuk mengenalkan tentang bagaimana cara mereka mengatur keuangan bagi anak-anak, pertama yang harus diajarkan dulu adalah tentang nilai uang,'' kata psikolog yang akrab disapa Romi itu.

Baca Juga

Edukasi tentang nilai uang dapat diberikan pada anak mulai dari saat mereka berada di usia sekolah dasar. Ketika sudah bisa memahami nilai uang mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil, pengetahuan anak akan melangkah ke tahap selanjutnya yaitu belajar mengatur uang saku yang diberikan oleh orang tua.

Menurut Romi, orang tua harus betul-betul memahami barang yang menjadi kebutuhan anak sebelum memberikan uang saku, termasuk mengetahui harga makanan yang biasa dibeli anak. Jangan sampai uang saku yang diberikan kurang atau bahkan terlalu berlebih. Pembatasan uang saku bertujuan agar anak dapat mengontrol keinginannya antara mana yang harus dibeli dan yang tidak.