Rabu 22 Feb 2023 22:22 WIB

Kucing Kesayangan Juga Rentan Sakit di Musim Pancaroba

Panleukopenia atau muntaber rawan menyerang anabul di musim pancaroba.

Red: Reiny Dwinanda
Perempuan dan kucing peliharaannya (ilustrasi).  Sama seperti manusia, kucing juga rentan terkena penyakit di musim pancaroba.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Perempuan dan kucing peliharaannya (ilustrasi). Sama seperti manusia, kucing juga rentan terkena penyakit di musim pancaroba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hewan peliharaan seperti kucing juga rentan terkena penyakit di musim pancaroba. Jenis penyakitnya pun khas.

"Sama seperti kita ya, kucing juga rentan sekali terkena penyakit," jelas dokter hewan dari Institut Pertanian Bogor sekaligus anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia, Trima Naimmah, kepada Antara, Rabu (22/2/2023).

Baca Juga

Biasanya, saat musim pancaroba penyakit yang sering muncul adalah flu, diare, serta penyakit kulit dan rambut. Penyakit yang paling parah ialah panleukopenia atau muntaber.

Menurut drh Trima, panleukopenia merupakan penyakit yang tergolong berbahaya untuk kucing. Penyakit ini dengan cepat bisa menular terutama bagi kucing yang belum divaksinasi.

Drh Trima menjelaskan apabila anak berbulu (anabul)--sebutan untuk kucing atau anjing peliharaan--terserang flu, pemilik bisa memberikan perawatan di rumah dengan membantu mengeluarkan ingus hingga menjemur anabulnya di bawah matahari pagi. Namun, akan lebih baik bila anabul yang sakit segera dibawa ke rumah sakit hewan agar mendapat perawatan yang tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement