Kamis 23 Feb 2023 21:20 WIB

Dewan: Negara Harus Hadir dalam Mewujudkan Kesadaran Literasi Digital     

Kesadaran literasi digital masyarakat Indonesia dinilai sangat penting

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi media sosial. Kesadaran literasi digital masyarakat Indonesia dinilai sangat penting
Foto: Pixabay
Ilustrasi media sosial. Kesadaran literasi digital masyarakat Indonesia dinilai sangat penting

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Masyarakat yang sadar digital adalah masyarakat yang sadar akan dampak teknologi digital terhadap individu , komunitas , dan lingkungan.

Dalam masyarakat yang sadar digital, penting memahami implikasi dari tindakan online dan memperhatikan cara penggunaan teknologi.  

Baca Juga

Hal tersebut disampaikan anggota DPR RI Komisi I, Dave Fikarno Laksono dalam Webinar Aptika Kominfo Rabu (22/2/23).

“Masyarakat yang sadar digital menghargai inklusi digital, memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke teknologi digital dan keterampilan untuk menggunakannya secara efektif”, kata Dave, dalam keterangannya, Kamis (23/2/2023).

Dia menyebutkan, jumlah pengguna internet di Indonesia 212.9 Juta dengan penetrasi digital 77 persen.

Sedangkan pengguna media sosial sekitar 167 juta jiwa. Setara dengan 60 persen populasi penduduk dan pengguna mobile connections sekitar 353.8 juta user, dalam pengguna mobile conenection ini terbanyak disebabkan manusia atau masyarakat sendiri menggunakan beberapa nomor.

“Dalam tantangan dari data tersebut yaitu pertama literasi, ketahanan siber, dan data pribadi. Kita sangat perlu menjaga kerahasiaan data pribadi dan mencegah terjadinya kebocoran data,” lanjut Dave.

Lebih lanjut dia menyampaikan membangun kesadaran digital untuk mendapatkan tentu harus dilakukan membangun inisiatif berbasis komunitas yang mendorong literasi digital, seperti pusat literasi digital, perpustakaan, dan hub teknologi komunitas.

“Negara harus juga terlibat yaitu dengan mendorong kesadaran digital dengan cara mengembangkan strategi digital nasional, menyediakan akses ke infrastruktur digital, pelatihan ketrampilan digital, dan kolaborasi dengan industri,” kata Dave.

Dave juga menyampaikan, langkah-langkah DPR RI untuk mendorong tentang kesadaran digital yaitu membuat undang-undang, Sosialisasi bersama Kominfo, dan mendorong percepatan infrastruktur. 

Baca juga: Ketika Sayyidina Hasan Ditolak Dimakamkan Dekat Sang Kakek Muhammad SAW  

Dia menegaskan, literasi digital sangat penting di era digital saat ini bagi individu, masyarakat, dan negara untuk berpartisipasi penuh dalam manfaat teknologi digital. 

Penetrasi dan perkembangan digital yang pesat memerlukan kesadaran kolektif antara individu, negara, dan masyarakat. 

“Sehingga kita mengajak masyarakat sadar pentingnya digital berarti secara bersama-sama membangun literasi guna terwujudnya pertumbuhan digitalisasi yang sehat bagi masyarakat Indonesia,” ujar dia.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement