Jumat 24 Feb 2023 02:56 WIB

Ronald Araujo, Mantan Penyerang yang Jadi Tembok Kokoh Barcelona

Araujo berusia 19 tahun saat memulai perjalanan sepak bola di tanah Spanyol.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Pemain FC Barcelona Ronald Araujo (kanan)
Foto: EPA-EFE/Andreu Dalmau
Pemain FC Barcelona Ronald Araujo (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA --  Bek tengah Barcelona Ronald Araujo memiliki perjalanan luar biasa di level sepak bola elit setelah menjelma sebagai pemain utama raksasa La Liga Spanyol.

Araujo berusia 19 tahun saat memulai perjalanan sepak bola di tanah Spanyol. Ia bergabung dengan Barcelona B dari klub ibu kota Uruguay, Montevideo, Rentistas pada 2019 silam.

Baca Juga

"Pada usia 17 tahun, saya masih berada di kampung halaman yang kecil, bermain untuk tim lokal, Huracan Rivera. Sebelum pergi ke Montevideo bermain dengan di Rentistas," kata Araujo menjelaskan dilansir Irish Examiner, Kamis (23/2/2023).

Pesepak bola bernama lengkap Ronald Federico Araujo da Silva dijuluki sebagai 'Buffalo' karena keberaniannya berduel dengan para pemain lawan.

Araujo adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Musim panas 2019, ia pindah ke Spanyol untuk bermain di tim muda Barcelona yang merumput di kasta ketiga sepak bola Spanyol.

Saat itu, Araujo telah menjadi kapten timnas Uruguay U20 dan senior sekaligus rekan senegaranya, Luis Suarez, membantu Araujo beradaptasi di kota tersebut.

Ronald Araujo muda bermain sebagai penyerang, dan terkadang sebagai penyerang sayap hingga dirinya berusia 17 tahun. Insting mencetak gol Araujo juga tinggi, dengan catatan enam gol dalam 42 pertandingan Bersama Barcelona B.

Tidak hanya urusan mencetak gol Araujo pun belajar sistem bertahan dan pola bermain variatif seperti yang diajarkan di seluruh akademi La Masia.

"Xavi membimbing saya dan membuat saya memahami filosofi permainannya. Dia tahu kualitas apa yang saya miliki tetap juga percaya bahwa saya bisa bermain sesuai dengan keinginan tim," sambung Araujo.

Araujo tampak sangat ingin menyerap semua pengalaman belajar yang ia bisa musim ini. Sang bek menghabiskan sebagian waktu luangnya menonton video analisis yang disiapkan oleh pelatih dan stafnya untuk menunjukkan area permainan apa yang dapat ditingkatkan.

Meski demikian, Araujo mengeklaim ia masih harus banyak mempelajari dunia sepak bola sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Ia mengaku belajar banyak dari cara bermain sepak bola Uruguay.

"Sepak bola Uruguay memiliki karakteristik dan kepemimpinan dan itu hal terpenting bagi seorang bek."

Barcelona sendiri tampil impresif sepanjang musim ini dengan baru kebobolan tujuh gol di kompetisi La Liga Spanyol. Skuad besutan Xavi Hernandez juga memuncaki klasemen liga unggul dari Real Madrid sang rival utama.

"Musim ini saya fokus kepada persiapan fisik untuk menghindari cedera agar bisa membantu tim untuk menjuarai kompetisi domestik dan Eropa."

Saat ini, Barcelona tengah bersiap menjalani duel kedua versus Manchester United di babak play-off 16 besar Liga Europa 2022/2023 di Stadion Old Trafford, Jumat (24/2/2023) dini hari WIB nanti.

Pertemuan pertama kedua tim berakhir sama kuat 2-2 saat bermain di Estadio Camp Nou, Barcelona tengah pekan kemarin.

 

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement